Istri dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yaitu Michelle Obama membuat sebuah program baru miliknya yaitu sebuah podcast yang bisa kamu dengarkan di berbagai platform musik dengan judul “The Michelle Obama Podcast”.

Di dalam program podcast ini, Michelle Obama akan mengundang beberapa narasumber untuk diwawancari mengenai sudut pandang mereka mengenai kehidupan. Beberapa waktu lalu, dirinya dan Conan O’Brien baru saja berkolaborasi untuk membicarakan seputar pernikahan.

Michelle juga memberikan beberapa tips pernikahan untuk pasangan muda, lho! Mau tahu apa saja nasihatnya?

Jangan Menyerah Hadapi Masalah

Michelle mengatakan bahwa selama 28 tahun menikah dengan Barack Obama mereka enggak pernah lepas dari masalah. Baik itu merupakan masalah pribadi maupun masalah sikap dan perilaku mereka.

"Ada kalanya aku ingin mendorong Barack dari jendela karena perbuatannya dan perdebatan kami yang cukup intens. Tapi hal tersebut bukan berarti kamu menyerah dalam menghadapi masalah dan pasanganmu walaupun hal ini bisa terjadi bertahun-tahun," jelas Michelle dalam podcastnya seperti dikutip dari People.

Terbuka dalam Bicarakan Masalah Pernikahan

Di dalam podcast tersebut, Michelle dan sang bintang tamu, Conan memiliki kesamaan bahwa di generasi sebelumnya, banyak pasangan yang enggak terbuka satu sama lain dengan pasangannya sendiri mengenai masalah pernikahan. Dirinya mengatakan bahwa sebaiknya, pasangan muda yang ingin memutuskan untuk menikah agar lebih terbuka dalam berkomunikasi mengenai pernikahan.

"Bila pasangan muda dilanda masalah, mereka siap untuk menyerah karena mereka pikir mereka lemah. Yang ingin aku katakan, aku dan Barack juga pernah mengalami masalah sepanjang pernikahan kami, tapi kami punya hubungan yang kuat. Bila aku menyerah, mungkin aku sudah pergi meninggalkannya saat kami sama-sama merasa kesusahan," kata perempuan 56 tahun ini.

Harus Kompak dan Solid

Kemudian, Michelle mengatakan bahwa untuk menemukan pasangan yang bisa menemanimu seumur hidup itu seperti menentukan pemain basket.

"Bila kamu memilih anggota tim, tentu kamu memilih orang-orang yang ingin menang dalam pertandingan. Yang utama, kamu pasti memilih orang yang bisa memperkuat tim kamu. Kamu tak ingin tim yang lemah dan harus bisa melakukan apapun, tak hanya dribble atau shoot. Iya, kan?" katanya.

Kemudian dia mengatakan bahwa pernikahan harus dijalani dengan kompak dan bersama-sama, dengan begitu kamu bisa menjalani pernikahan kamu menjadi lebih bahagia.

Beri Waktu untuk Diri Sendiri sebelum Menikah

Selanjutnya, memberikan waktu untuk diri sendiri sebelum menikah. Hal ini ditekankan oleh Michelle di dalam podcastnya bersama Conan. Hal ini dikarenakan menikah merupakan sebuah momen sekali dalam seumur hidup kita. Dan tentu saja enggak mungkin ada yang instan untuk menuju ke sana jika ingin pernikahanmu bertahan lama.

"Pikirkan hal ini dan jujur dengan diri sendiri. Apakah kamu ingin bersamanya seumur hidup? Siap berkomitmen dengannya?" imbuh Michelle.

Jujur Penting dalam Hubungan

Baca Juga: Duh Bahaya! 3 Kebiasaan Kecil Ini Dapat Merusak Hubungan Pernikahan

Hubungan merupakan sebuah hal mendasar yang bisa memberikan kita kebahagiaan dan kesenangan jika kedua belah pihak sama-sama bersikap jujur dalam menjalani hubungan tersebut. Meskipun sulit untuk dilakukan namun ada baiknya jika konsisten dijalankan.