Tidur menjadi salah satu aktivitas yang sangat nikmat dilakukan apalagi setelah melakukan aktivitas selama seharian. Disaat tubuh terasa letih dan membutuhkan istirahat, semua orang pasti mendambakan tidur yang nyenyak.

Namun, seringkali mimpi buruk mengganggu kenikmatan tidur malam. Saat mengalami mimpi buruk, kita kan terbangun di tengah malam dengan tubuh berkeringat dan jantung yang berdetak kencang. Sangat enggak nyaman, ya!

Melansir dari Bustle.com (8/9/2020), ini dia cara supaya kamu enggak mimpi buruk lagi, yuk dicoba!

1. Jangan makan sebelum tidur

Sering memakan cemilan atau makanan besar sebelum tidur? Ternyata kebiasaan ini sangat buruk lho! Selain membuat kerja sistem pencernaan lebih keras, ternyata dapat mengakibatkan mimpi buruk. Hal ini dikarenakan disaat mengonsumsi makanan sebelum tidur, terutama dalam jumlah yang besar membuat meningkatnya suhu tubuh dan metabolisme tubuh sehingga mengakibatkan otak lebih aktif. Inilah yang membuat mimpi buruk muncul. Oleh karena itu, lebih baik hindari mengonsumsi makanan sebelum jam tidur ya!

2. Kurangi minuman alkohol

Mungkin ada beberapa orang yang beranggapan alkohol dapat membuat tidur nyenyak. Namun,nyatanya sering meminum alkohol akan mengakibatkan seseorang mengalami mimpi buruk lho! Alasannya karena alkohol dapat meningkatkan tidur REM. Tidur REM merupakan sebuah kondisi yang normal disaat gerakan bola mata bergerak cepat dan acak. Biasanya pada situasi inilah kita bermimpi. Jika tidur REM ini semakin meningkat akan membuat munculnya mimpi-mimpi aneh atau mimpi buruk. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi minuman alkohol. Selain untuk kesehatan tubuh, dapat membantu juga agar tidak mengalami mimpi buruk dan tidur lebih nyenyak.

3. Bangun dan tidurlah secara teratur

Cara ini bisa membuat kamu tidak lagi mengalami mimpi-mimpi buruk yang mengganggu tidur nyenyak kamu. Dengan bangun dan tidur secara konsisten akan membuat tidur kamu lebih stabil. Biasanya mimpi buruk ini muncul dalam kondisi tidur kamu yang enggak stabil seperti kurang tidur Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur waktu tidur kamu dan waktu bangun kamu supaya tidur kamu lebih nyenyak ya!

Baca Juga: Waduh! Ternyata Tidur dengan Lampu Menyala Timbulkan Gangguan Menstruasi hingga Depresi, Lho! Kok Bisa Sih?

Itu dia tips-tips supaya kamu enggak mimpi buruk lagi. Semoga bermanfaat ya!