Moms, mungkin banyak di antara kamu yang sering mengabaikan kebersihan handuk yang digunakan sehari-hari. Bahkan, enggak sedikit di antara kamu yang juga jarang menggantinya. Moms, tahu enggak sih kalau handuk mandi bisa menyimpan bakteri di dalamnya lho! Handuk yang lembab bisa menjadi tempat bersarangnya kuman. Kalau dibiarkan lama-lama, hal ini bisa mengancam kesehatan anggota keluarga lho, Moms!

Mungkin, kamu enggak bisa menjaga kebersihan handuk 100% bebas dari kuman dan bakteri yang menempel. Tapi, seenggaknya kamu bisa mencuci atau mengganti handuk secara berkala untuk membatasi penyebaran kuman. 

Seperti yang dikatakan seorang ahli dermatologi Dr Alok Vij dalam Cleveland Clininc, handuk yang jarang dicuci bisa menyebabkan kutu air, jamur di kiki, ruam merah, kutil, dan masalah kulit lainnya. Bahkan, handuk yang kotor bisa memperparah eksim pada kulit atau dermatitis atopik.

Enggak cuma itu, berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/9/2020), bahaya lain yang bisa mengintai kesehatan keluarga kalau kamu malas mencuci handuk.

Infeksi kulit

Menggosok atau mengelap handuk dengan menggunakan handuk yang kotor bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Apalagi, kalau menyekanya terlau keras dan membuat kulit terluka, hal ini bisa memicu bakteri yang menempel pada handuk masuk ke dalam kulit.

Baca Juga: Ini 7 Tips Memilih Nama Bayi yang Tepat untuk Buah Hati, Calon Mamah Muda Enggak Perlu Bingung!