Menu

Benarkah Penyintas Covid-19 Varian Omicron Bisa Kembali Terpapar Covid Varian Baru? Cek Faktanya

21 Juni 2022 13:20 WIB
Benarkah Penyintas Covid-19 Varian Omicron Bisa Kembali Terpapar Covid Varian Baru? Cek Faktanya

Ilustrasi virus Corona (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Orang yang pernah terinfeksi subvarian Omicron awal, BA.1, akan tetap rentan terhadap subvarian yang lainnya, atau yang lebih baru, seperti BA.4 dan BA.5. Bahkan bila orang tersebut telah divaksinasi Covid-19.

Penyintas Omicron BA.1 mengembangkan antibodi yang dapat menetralkan subvarian yang sama serta varian SARS-CoV-2 asli (Alpha). 

Namun, subavrian Omicron yang beredar sekarang memiliki mutasi yang membuat mereka bisa menghindari antibodi yang sudah terbentuk. Yuk, simak penjelasan lebih rincinya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022).

Benarkah Bisa Terpapar Covid-19 Varian Baru Lagi?

Omicron BA.2.12.1, yang saat ini menyebabkan sebagian besar kasus di Amerika Serikat, dan Omicron BA.5 serta BA.4, yang sekarang mencakup lebih dari 21 persen kasus baru di negara itu, memiliki mutasi yang tidak ada di BA.1 maupun BA.2.

"Subvarian keturunan yang lebih baru itu bisa menghindari antibodi penetral, yang berasal dari infeksi dan vaksinasi SARS-CoV-2," kata peneliti dari China, yang menerbitkan laporannya di jurnal Nature, Jumat (17/6/2022).

Obat antibodi monoklonal bebtelovimab dari Eli Lilly dan cilgavimab, komponen Evusheld AstraZeneca, masih dapat secara efektif menetralkan BA.2.12.1 dan BA.4 maupun BA.5.

Baca Juga: Varian Baru Covid BA.4 dan BA.5 Mulai Masuk Indonesia, Ini Gejala Gak Umum yang Harus Kamu Ketahui

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Penyebab Kasus Covid RI Naik Lagi: Karena Ada...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.