Menu

Sering Dilakukan Anak Muda, 3 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Stroke Saat Tua, Waduh!

21 Juni 2022 09:50 WIB
Sering Dilakukan Anak Muda, 3 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Stroke Saat Tua, Waduh!

Ayu Ting Ting terbaring lemah beberapa waktu lampau. (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Stroke termasuk salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, selain jantung dan diabetes. Umumnya, penyakit ini menyerang manusia usia lanjut (manula). Tanda-tandanya dimulai dengan hilangnya kemampuan berbicara, kelumpuhan hingga hilangnya daya ingat.

Sebuah penelitian membuktikan, menerapkan pola hidup yang sehat dapat menurunkan risiko stroke sampai dengan 80 persen.  Namun, jarang disadari jika ada 3 kebiasaan yang sering dilakukan saat usia muda, tetapi dapat memicu stroke. Apa saja?

1. Merokok

Menurut organisasi kesehatan sedunia (WHO), merokok dapat meningkatkan risiko stroke sampai dua kali lipat. Nikotin yang terdapat pada rokok dapat meningkatkan tekanan darah sehingga pembuluh darah sangat rentan mengalami kerusakan.

Merokok juga dapat membuat pembuluh darah menebal sehingga mudah terbentuk plak pada pembuluh darah arteri. Kondisi ini tentu saja akan menganggu aliran darah ke otak dan sebagai konsekuensinya, seseorang menjadi lebih mudah menderita stroke.

Baca Juga: Terlalu Lama Bermain Gadget Dapat Berakibat Buruk untuk Anak!

Baca Juga: Apakah Stres Membuat Tubuh Gemuk?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Sri Handari