Moms selama ini sering kali menganggap bahwa makanan atau minuman tertentu, seperti es krim, kopi, dan cokelat, dapat membantu meredakan depresi, membantu Moms mengatasi stres dan cemas, serta membuat kita kembali tenang dan fokus. Padahal, faktanya begitu, lho.

Ada beberapa jenis makanan diketahui justru dapat memperburuk depresi, kecemasan, dan stres. Di antaranya makanan yang digoreng, makanan olahan, lemak trans, nitrat, dan makanan tinggi garam, lemak jenuh, dan gula rafinasi, Moms.

Ketika Moms mengonsumsi makanan olahan dan makanan cepat saji setiap hari, pada dasarnya hal itu membuat bakteri jahat di usus berkembang, dan saat itulah Moms mulai mengalami masalah dengan peradangan. Hal ini dijelaskan Uma Naidoo, seorang psikiater nutrisi sekaligus penulis buku "This Is Your Brain on Food".

Dilansir dari Huffpost, terlalu banyak kafein dan alkohol juga bisa membuat Moms merasa lebih buruk secara mental. Jumlah yang wajar, menurut Naidoo, adalah 400 mg per hari atau kurang. Jumlah itu seharusnya enggak berdampak pada kecemasan.

Namun, masing-masing orang memiliki respons yang berbeda-beda terhadap alkohol. Meskipun umumnya, empat gelas sehari untuk pria dan tiga untuk wanita dianggap peminum berat.

Tapi supaya nggak terjebak pada pola makan yang memperburuk depresi, Naidoo menyarankan untuk memulai dari langkah kecil.

Moms bisa mencoba mengubah pola makan terlalu drastis dan cepat bisa membuat kewalahan dan mengurangi hasil. “Perubahan yang lambat dan stabil dari waktu ke waktu akan membangun usus yang sehat, yang akhirnya menjadi dasar untuk membangun nutrisi sehat yang baik untuk otak Anda,” tuturnya.

Mulai dengan pemeriksaan diet. Jangan lupa tuliskan apa yang Moms makan selama 24 hingga 48 jam terakhir, lingkari makanan yang nggak sehat, dan kemudian putuskan satu perubahan sederhana yang dapat Moms lakukan. Namun, Moms nggak perlu melepaskan beberapa makanan favorit yang kurang sehat.

"Saya percaya banget nggak hanya pada makanan bergizi, tapi juga makanan lezat," jelas Naidoo.

Baca Juga: Hebat! Usai Depresi, Begini Cara Youtuber Molly Burke Menerima Kehilangan Penglihatannya

"Kalau Moms kebetulan seorang pencinta es krim, nggak apa-apa. Makanlah di hari penyembuhan Moms. Saya nggak menyebutnya curang, karena itu berkonotasi negatif. Itu adalah hadiah - nikmatilah dan lanjutkan hidup,” tuturnya.