Moms, seringkali anak punya masalah keterlambatan bicara terkadang dialami sebagian anak saat usia balita.

Tapi terjadi justru orangtua keliru menyangka jika terlambat bicara lantaran kelainan pada pita suara, tenggorokan atau bahkan lidah. Padahal menurut dokter spesialis THT dr. Abdillah Hasbi, Sp.THT-KL, terlambat bicara juga bisa disebabkan karena adanya masalah pendengaran pada anak, lho.

Dokter ini menjelaskan kalau pendengaran yang baik jadi modal awal untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk kemampuan berbicara.

"Pentingnya kita menjaga kesehatan telinga karena itu salah satu modal penting untuk anak bertumbuh dan berkembang," kata Hasbi yang dilansir dari Instagram bersama AyahBunda.

Hasbi menuturkan bahwa seluruh organ sensoris anak harus dalam kondisi baik selama masa pertumbuhan dan perkembangannya.

"Kemampuan melihat, mencium, mendengar yang nantinya akan mempengaruhi kemampuan bicara akan sangat berpengaruh pada interaksi sosial di sekitarnya," lanjut dokter Hasbi.

Ia menjelaskan bahwa perkembangan bicara anak sangat bergantung pada perkembangan pendengarannya. Ia mencontohkan, kemampuan berbahasa anak ditentukan dari apa yang diajarkan orangtuanya sejak lahir.

"Itu menjawab kenapa anak yang dibesarkan di daerah berbahasa jawa akan tumbuh dengan bahasa jawa. Anak yang dibesarkan atau orangtua terbiasa berbahasa inggris anaknya juga akan bicara dengan bahasa inggris. Kenapa ada perbedaan? Karena saat mereka lahir dibesarkan dengan bahasa tersebut," paparnya.

Baca Juga: Moms,Catat! Begini Tips Memilih Mainan Anak Sebelum Memutuskan untuk Membelinya

Makanya, ia menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan saluran THT anak. Ketika ada masalah pendengaran anak bisa diketahui sejak dini, maka rehabilitasi untuk mengatasi keterlambatan bicaranya juga bisa berlangsung lebih mudah.