Dengan diterapkannya belajar dari rumah ini mungkin membuat kamu merasa lebih sering ngomel ke anak-anak. Nyatanya terlalu sering mengomel memberikan dampak buruk pada anak, lho

Kebiasaan mengomel dapat mengganggu kepribadian dan tumbuh kembang karakter si kecil. Ia akan merasa ketakutan dan tidak menutup kemungkinan akan mengikuti gaya omelan orang tuanya. Oleh karena itu, ini dia tips untuk Moms supaya enggak sering mengomel lagi pada si kecil!

1. Pahami jika mengomel tidak akan efektif

Untuk beberapa orang tua, mengomel pada anak memang bukanlah sesuatu yang tidak biasa. Namun, ketahuilah bahwa itu tidak akan memberikan efek apapun. Bukan membuat anak menjadi penurut, tetapi dapat mengakibatkan ikatan hubungan antara anak dan orang tua semakin tidak baik.

2. Tarik napas dalam-dalam terlebih dahulu

Sebelum mengomel kepada si kecil, coba lakukan trik ini dulu. Tarik nafas dalam-dalam lalu lepaskan. Teknik ini bisa merelaksasikan pikiran kamu dan membuat perasaan lebih tenang sehingga tidak perlu mengomel ke si kecil.

3. Coba bicarakan secara pelan-pelan

Daripada mengomel cara ini lebih efektif digunakan. Coba bicarakan kepada si kecil tentang apa yang seharusnya dia lakukan dan apa yang enggak boleh ia lakukan. Jika kamu membicarakannya dengan lembut, ini akan membuat si kecil lebih mendengarkan dibandingkan hanya mengomel saja.

4. Terapkan kebiasaan yang sehat

Moms, ternyata menerapkan kebiasaan hidup sehat sangat berpengaruh, lho untuk pikiran! Dengan mengonsumsi makanan sehat dan tidur yang teratur akan mempengaruhi pikiran untuk lebih tenang. Penerapan hidup sehat ini juga efektif untuk perilaku anak-anak,lho!

5. Terapkan aturan

Dengan menerapkan aturan yang jelas tentunya anak akan mengikuti aturan yang sudah dibuat secara bersama. Dengan adanya aturan ini, Moms menjadi tidak perlu harus mengomel lagi. Cukup jelaskan aturan yang ada dan kesepakatan yang sudah dibuat dengan si kecil.

Baca Juga: Bisa Bikin Bulu Mata Lentik Natural, Ini Fungsi Lain Maskara Bening yang Perlu Kamu Tahu Beauty!

Nah, itu dia tips supaya Moms enggak lagi ngomel ke si kecil, ya! Semoga bermanfaat!