Menu

Tokopedia dan Dekranasda DKI Bantu UMKM Lokal Majukan Bisnis, 2 Wanita Ini Pun Sukses Dulang Cuan dan Rebut Pasar Online, Siapa Saja?

21 Juni 2022 21:41 WIB
Tokopedia dan Dekranasda DKI Bantu UMKM Lokal Majukan Bisnis, 2 Wanita Ini Pun Sukses Dulang Cuan dan Rebut Pasar Online, Siapa Saja?

Para narasumber di acara virtual media briefing Jakarta Hajatan ke-495, Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal, Selasa (21/6/2022). (Dok. Tokopedia)

HerStory, Jakarta —

Beauty, dalam menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta 22 Juni 2022, perusahaan teknologi Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda DKI Jakarta meluncurkan toko JakArtisan. Adapun, kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Tokopedia dalam gerakan Hyperlocal untuk memberikan panggung seluas-luasnya bagi UMKM DKI Jakarta.

“Tak hanya itu, Tokopedia pun menggelar pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play,” tutur Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, saat sesi virtual media briefing 'Jakarta Hajatan ke-495, Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal', Selasa (21/6/2022).

Astri pun mengatakan, antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta sangat tinggi. Hal ini terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II-2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.

“Tokopedia juga mencatat beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif. Di sisi lain, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari,” papar Astri.

Dituturkan Astri, tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia - yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial - untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati, pun mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. Dikatakannnya, kolaborasi Dekranasda DKI dengan Tokopedia ini merupakan bentuk masa depan sesungguhnya.

Menurut istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini, sejak pandemi Covid-19 melanda, tak dapat dipungkiri bahwa hampir seluruh sektor perekonomian, termasuk UMKM terkena dampaknya. Dan tak sedikit dari mereka yang mengalami penurunan omzet.

Karenanya, demi bangkit dari pandemi, maka UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital.

“Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” imbuh Fery Farhati y.

Dilanjutkan Fery Farhati, dengan teknologi dan jangkauan pasar Tokopedia yang luas di 99 persen kecamatan di Indonesia, hadirnya toko JakArtisan by Dekranasda DKI Jakarta, di platform belanja daring buatan lokal ini jelas akan membantu memperluas pemasaran produk kerajinan lokal dari para perajin lokal DKI untuk menggapai segmen pembeli yang lebih luas,” paparnya.

“Ini kehidupan kita seterusnya, bahwa penjualan (secara) digital, semua serba digital, maka kita harus berubah dan harus mau menyesuaikan diri,” tandas Fery Farhati.

Baca Juga: Gandeng CCFI dan ASPPUK, Tokopedia Dorong Kontribusi Ribuan UMKM Lewat Kolaborasi untuk Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif

Baca Juga: Perpanjangan PSBB Bikin Produk Ibu dan Anak di Tokopedia Bertambah Banyak!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.