Momen kehamilan menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan oleh sepasang suami istri, apalagi untuk kedua pasangan yang baru menikah. Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan pemilihan dan penggunaan test pack wajib diketahui. Namun sayangnya, beberapa pengetahuan tentang penggunaan test pack masih banyak belum diketahui oleh banyak pasangan suami istri.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan cara penggunaan test pack yang tepat. 

Cara kerja test pack

Test pack adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kehamilan. Test pack dapat mendeteksi keberadaan hormon kehamilan, yakni hCG alias Human Chorionic Gonadotropin. Hormon tersebut biasanya terdapat pada urine seorang wanita yang sedang hamil. Setelah terjadinya pembuahan, hormon ini  akan diproduksi oleh plasenta yang berkembang di dinding rahim. Saat proses tersebut baru terjadi, jumlah hormon hCG yang dihasilkan masih sangat sedikit, itulah sebabnya hasil test pack yang dinyatakan positif seringkali garis keduanya tampak samar-samar.

Ketahui jenis-jenis test pack

Ternyata nggak boleh sembarang menggunakan test pack lho Beauty, perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis test pack yang ada. Berikut beberapa jenis test pack.

Test Pack Strips. Jenis test pack strips merupakan test pack yang paling umum, mudah ditemui dan harganya paling terjangkau dibanding jenis test pack lainnya. Bentuknya test pack strips ini tipis memanjang dengan dua warna, putih dan biru.

Test Pack dengan Wadah. Test pack dengan wadah memiliki bentuk yang lebih tebal daripada test pack strips. Test pack dengan wadah ini disertai wadah seperti mangkok kecil untuk menampung urin.

Test Pack Digital. Untuk menggunakan test pack digital, Beauty harus menguras dompet terlebih dahulu, harga alat tes kehamilan ini terbilang mahal karena bisa digunakan berulang dengan cara mengganti stripe di dalamnya.

Baca Juga: Catat! Begini 5 Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Test Pack USB. Jenis test pack ini, yang terbaru dan tercanggih, karena menggunakan teknologi perangkat lunak untuk mendeteksi hasilnya. Namun, alat tes kehamilan ini masih sulit diperoleh. Biasanya hanya ada di apotek besar.