Kehadiran anak kembar tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap ibu. Beauty yang kini tengah mengandung, mungkin kamu sering mendengar ungkapan yang mengatakan kalau memiliki anak kembar itu harus didukung dengan riwayat keluarga. Bisa dibilang, hamil kembar lebih berpeluang terjadi kepada calon orang tua dengan riwayat keturunan kembar. Entah dari calon ibu atau bahkan calon ayah si bayi.

Tapi rupanya enggak cuma itu aja, hamil anak kembar juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lho, Beauty. Mulai dari usia calon ibu, berat dan tinggi badannya, jumlah anak yang sudah dilahirkan, ras, hingga pola makan pun demikian.

Ciri atau tanda hamil anak kembar juga enggak jauh berbeda dengan kehamilan pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang mungkin lebih terasa saat hamil anak kembar. Salah satunya ialah ukuran perut yang lebih besar dengan usia kandungan yang masih sangat muda.

Enggak cuma itu aja, banyak pula tanda-tanda yang perlu dikenali untuk memastikan lebih lanjut kalau kamu tengah mengandung anak kembar. Merangkum dari berbagai sumber,Rabu (9/9/2020), berikut tujuh tanda di antaranya.

Peningkatan hormon hCG

Umumnya, hamil anak kembar membuat tubuh calon ibu memproduksi lebih banyak hCG alias hormon yang dikeluarkan tubuh setelah melahirkan.

Hormon hCG ini memang akan meningkat, tapi dalam kondisi hamil anak kembar, hormon ini lebih meningkat. Kadar hCG yang tinggi bisa berakibat mual hebat hingga muntah pada ibu hamil.

Baca Juga: Sering Keliru, 5 Pola Asuh Ini Justru Hancurkan Kepercayaan dan Harga Diri Anak, Moms Perlu Tahu Nih!