Beauty, pakar kesehatan memperingatkan bahwa salah satu efek pandemi Covid-19 adalah krisis kesehatan mental, lho. Meskipun terapi dan pola pikir positif bisa membantu mengatasi stres dan cemas, makanan yang kamu santap juga dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan mental.

American Psychiatric Association menjelaskan bahwa ketidakpastian akibat pandemi telah meningkatkan stres dan cemas pada sebagian besar masyarakat, makanya permintaan obat antidepresan jadi meningkatkan, bahkan obat anti-kecemasan dan anti-insomnia.

Kendari demikian, dilansir dari Huffpost, enggak cuma harus terus-menerus bergantung pada obat, beberapa jenis makanan yang menyehatkan otak bahkan bisa membantu meringankan dampak kecemasan, depresi, dan bahkan gangguan stres pascatrauma. Hal ini dikatakan Uma Naidoo, seorang psikiater nutrisi dan penulis buku “This Is Your Brain on Food".

Deanna Minich, praktisi bersertifikat dari Institute for Fungsional Medicine dan ahli gizi kedokteran fungsional, juga menekankan pentingnya pola makan untuk mengendalikan peradangan dalam tubuh.

“Mengonsumsi makanan yang bersifat antiradang dapat mengurangi inflamasi dalam tubuh yang dapat menjadi akar penyebab gejala atau penyakit,” tuturnya.

Penasaran apa saja? Berikut tiga jenis makanan yang kamu butuhkan untuk membantu mengurangi stres dan cemas.

1. Prebiotik dan probiotik

Prebiotik adalah komponen yang nggak bisa dicerna, yang secara alami ditemukan di usus, dan mendorong pertumbuhan bakteri baik. Sedangkan probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus, demikian menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Baca Juga: Kesehatan Mental Kacau, Ini Tips Ampuh Mengelola Stres di Masa Pandemi