Menu

Ibu Hamil Rentan Alami Tekanan Darah Tinggi, Lakukan Ini untuk Mengatasinya Moms!

23 Juni 2022 06:40 WIB
Ibu Hamil Rentan Alami Tekanan Darah Tinggi, Lakukan Ini untuk Mengatasinya Moms!

Illustrasi Ibu Hamil Akan Melahirkan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak dari ibu hamil tentu merasa khawatir untuk keluar rumah selama pandemi. Hal tersebut disebabkan oleh rasa khawatir berlebihan. Khawatir terpapar covid-19 baik pada dirinya dan kandungan.

Namun, dengan hanya mengabiskan waktu di rumah tanpa melakukan banyak gerakan justru beresiko pada kesehatan ibu hamil dan calon buah hati, lho Moms.

Melansir dari laman Genpi, Kamis (23/6/2022), Spesialis Kandungan Dan Kebidanan Riska Amelia menjelaskan, selama pandemi memang lebih baik di rumah saja bila tak benar-benar perlu pergi keluar. Tapi bukan berarti ibu hamil tidak melakukan apapun, bahkan berkurangnya aktivitas bergerak.

Dia menjelaskan, beberapa wanita masih berpikir bahwa selama kehamilan tidak boleh terlalu bergerak aktif. Namun, hal itu salah. Pasalnya, selama masa kehamilan, penting untuk terus aktif bergerak agar ibu hamil terbiasa bergerak meski adanya janin di perut.

"Wanita yang sedang hamil bila kekurangan aktivitas dapat meningkatkan risiko darah tinggi dan berat badan berlebih, karena lemak," ujar Riska Amelia.

Riska memaparkan, Hal yang tidak boleh ditoleransi itu tetap melakukan aktivitas fisik, agar badan nggak kaku dan juga periksa kehamilan bila sudah waktunya. Maka, disarankan untuk ibu hamil di masa pandemi, minimal memiliki aktivitas berjalan sehari cukup 10 menit.

"Aktivitas apa pun akan lebih bermakna selama kehamilan, tapi sekurang-kurangnya adalah 10 menit," tutup Riska.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari