Beauty, taukah kamu kebiasaan sepele yang hampir kamu lakukan sehari-hari ternyata bisa membuat gigimu rusak, lho. Padahal, penting sekali untuk menjaga agar gigi tetap sehat dan terawat.

Selain untuk menambah kepercayaan diri saat ngobrol dengan lawan bicara, faktanya gigi yang sehat bisa membuatmu terhindar dari berbagai penyakit serius, salah satunya kanker mulut. Melansir Web MD, Rabu (9/9/2020) simak kebiasaan sepele yang membuat gigimu rusak.

Mengunyah es batu

Mungkin kamu berpikir es batu tidak bahaya, karena as batu adalah air dan bebas gula. Biasanya setelah menyeruput minuman dingin, kamu suka menggigiti es batu sampai hancur. Ini beiasaan yang jelek, lho beauty! Gigimu bisa rusak, patah bahkan retak. Tekstur es batu yang keras, mampu mengiritasi jaringan lunak dalam gigi. Cepat atau lembat, kamu bisa sakit gigi. Lain kali, jika kamu ingin mengunyah sesuatu, alternatifnya coba makan permen karet tanpa gula.

Menggeretakan gigi saat tidur

Kebiasaan ini bisa merusak gigi seiring waktu, lho! Kamu akan menggeretakan gigi saat tidur kebiasaan ini memang sulit dikendalikan. Penyebabnya bisa jadi karena stres. Cara mengatasinya, kamu bisa menggunakan pelindung mulut saat tidur untuk mencegah kerusakan akibat menggeretakkan gigi. Hindari makanan keras yang bisa mengurangi rasa sakit dan kerusakan akibat kebiasaan ini.

Membuka kemasan makanan dengan gigi

Saat tanganmu sulit membuka kemasan plastik makanan, kamu cenderuk menyobeknya dengan gigi. Waduh! Kebiasaan ini bisa bikin gigi rusak lho. Parahnya lagi gigi bisa retak bahkan patah. Sebaiknya, siapkan gunting untuk membuka kemasan makanan ya.

Ngemil berlebihan

Berbeda dari makan berat, ketika ngemil mulut akan lebih sedikit memproduksi air liur. Akibatnya, sisa makanan bisa mengendap di gigi selama berjam-jam dan merusak gigi. Hindari keseringan ngemil, apalagi makanan yang mengandung gula tinggi atau manis. Kalau kamu masih ingi ngemil, sebaiknya konsumsi camilan yang kadar gulanya rendah.

Menggigit pensil

Kamu pasti sering menggigit pensil saat mencoba berkonsentrasi belajar atau bekerja. Ternyata, hal ini sangat bisa merusak gigi karena tekstur pensil yang kasar dan padat, berisiko membuat gigi retak.

Mengisap jempol

Baca Juga: Wajib Coba Nih! 5 Hal yang Dilakukan untuk Perawatan Gigi dan Mulut, Bikin Sehat Lho!

Bayi yang dibiarkan, menghisap jempol, akan memiliki gigi yang bengkok dan terdorong keluar. Sebaiknya, orangtua selalu memerhatikan kebiasaan bayi yang bisa merusak giginya ketika sudah dewasa, salah satunya mengisap jempol.