Menu

Tenggorokan Gak Nyaman Akibat Terinfeksi Covid-19? Coba Atasi dengan 4 Cara Ampuh Ini Moms

23 Juni 2022 14:25 WIB
Tenggorokan Gak Nyaman Akibat Terinfeksi Covid-19? Coba Atasi dengan 4 Cara Ampuh Ini Moms

ilustrasi seseorang sedang batuk (freepik/jcomp)

HerStory, Bandung —

Tenggorokan gatal memang membuat tubuh terasa tidak enak dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Keluhan ini bisa terjadi karena kasus Covid-19 yang saat ini sedang melonjak tinggi.

Nah, tapi kamu bisa atasi tenggorokan gatal dengan beberapa cara ampuh ini lho. Kira-kira apa saja? yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Kami (23/6/2022).

1. Obat Batuk dan dan Permen Pelega Tenggorokan

Banyak orang minum obat batuk untuk mengatasi tenggorokan yang gatal atau nyeri. Akan tetapi, obat batuk yang ada kandungan mentolnya justru bisa membuat tenggorokan jadi gatal dalam waktu lama. 

Permen pelega tenggorokan juga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal karena meningkatkan produksi air liur, yang menghidrasi daerah yang terkena. Terdapat penelitian yang menyatakan, rasa manis pada permen tersebut berguna untuk menekan batuk.

2. Teh atau Sup Panas

Tetap terhidrasi penting untuk membantu tubuh sembuh. Mendapatkan cukup cairan dapat membantu menjaga selaput lendir tetap bersih, mencegah penumpukan yang tidak nyaman di tenggorokan. Suhu yang hangat berguna juga untuk menenangkan pada bagian belakang tenggorokan. 

Menyeruput minuman atau makanan hangat seperti teh dan sop adalah cara mudah untuk tetap terhidrasi dan berpotensi mengurangi iritasi di tenggorokan pada saat yang bersamaan.

3. Madu

Madu juga berguna untuk mengatasi tenggorokan gatal. Dengan meminum madu sebanyak dua sendok teh, kamu akan merasakan khasiatnya seperti obat batuk tertentu dalam mengatasi batuk atau iritasi tenggorokan. 

Akan tetapi, terkadang madu menyebabkan botulisme, yakni semacam penyakit yang disebabkan keracunan makanan. Oleh karena itu, pada anak-anak usia di bawah satu tahun, sebaiknya hindari mengonsumsi madu.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam dipercaya paling efektif untuk mengatasi tenggorokan gatal atau sakit yang disebabkan virus atau bakteri. Caranya, tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 240 mililiter atau 1 cangkir air hangat dan kumur menggunakan campuran air garam beberapa kali sehari. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tenggorokan gatal.

Baca Juga: Apa Hubungan Hepatitis Akut Misterius dengan Covid-19? Ini Kata WHO...

Baca Juga: Ini Deretan Penyakit yang Muncul dan Mewabah Setelah Covid-19, Pertanda Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.