Menu

3 Kondisi Ini Bakal Terjadi pada Vagina Usai Melahirkan Normal

23 Juni 2022 17:45 WIB
3 Kondisi Ini Bakal Terjadi pada Vagina Usai Melahirkan Normal

Ilustrasi merawat area kewanitaan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Melahirkan secara vaginal birth atau kerap disebut lahiran normal merupakan  proses kelahiran melalui vagina sang ibu. Lubang vagina yang tampak kecil akan melebar sebagai jalan keluarnya bayi.

Rata-rata kepala bayi sendiri memiliki ukuran dengan diameter 11,4 cm. Sedangkan vagina memiliki lubang dengan diameter antara 2,1 cm hingga 3,5 cm. Hal ini membuat kekhawatiran soal kondisi vagina wanita.

Jangan khawatir, Moms. Vagina memiliki elastisitas yang mana sudah dirancang sebagai pintu keluar masuknya bayi. 

"Vagina bisa terlihat lebih longgar, atau memar dan bengkak usai melahirkan. Tapi ini normal, dan biasanya rasa sakit akan mulai berkurang beberapa hari setelah persalinan," ujar dr Sohier Elneil melansir media sindikasi Suara.com.

Nah, kira-kira bagaimana kondisi vagina usai melahirkan? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms.

1. Vagina Mengendur

Vagina merupakan organ yang sangat elastis dan dapat meregang hingga 10 sentimeter (cm) untuk memungkinkan kelahiran bayi. Setelah proses melahirkan selesai, vagina akan kembali ke ukuran semula seperti sebelum melahirkan.

Vagina dikelilingi oleh otot yang ikut meregang selama masa kehamilan hingga persalinan. Atas dasar inilah ukuran vagina mungkin tidak benar-benar kembali sama persis seperti sebelum melahirkan.

Dengan kata lain, salah satu perubahan vagina yang nampak setelah melahirkan yakni ukurannya yang agak lebih mengendur. Melansir dari NHS, vagina biasanya terlihat lebih kendur dan “lowong” ketimbang sebelum melahirkan.

Meski sifatnya elastis, ukuran vagina setelah melahirkan tidak benar-benar kembali persis seperti sebelumnya. Sejauh mana perubahan vagina bisa terpengaruh tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran besar kecilnya tubuh bayi serta penggunaan alat bantu persalinan meliputi ekstraksi vakum dan forceps.

Baca Juga: Berapa Dalam Ukuran Vagina pada Wanita? Simak Penjelasan Ahli Berikut Ini!

Baca Juga: Waspada! Musim Panas Tingkatkan Risiko Infeksi Jamur pada Vagina, Cegah dengan 5 Cara Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: