Menu

Mandi Air Dingin Ternyata Bisa Turunkan Risiko Diabetes, Ini Penjelasannya!

24 Juni 2022 13:10 WIB
Mandi Air Dingin Ternyata Bisa Turunkan Risiko Diabetes, Ini Penjelasannya!

Ilustrasi mandi air hangat. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Mandi dengan menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Para peneliti pun telah menemukan bahwa mandi air dingin bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes tipe 2. Kira-kira kenapa ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2022).

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Penderita Diabetes

Dr Michael Mosley telah mengamati cara kerja mandi air dingin bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selama bertahun-tahun. Dr Mosley dan rekannya mempelajari efek merugikan dari mandi air dingin yang akhirnya menemukan manfaatnya.

Mike Tipton, profesor fisiologi manusia dan terapan di laboratorium lingkungan ekstrem di Universitas Portsmouth, mengatakan salah satu manfaat mandi air dingin adalah mengurangi respons kejut dingin yang begitu besar.

"Anda akan memiliki kendali atas pernapasan Anda lebih cepat, denyut jantung yang lebih rendah dan akhirnya terbiasa mandi dingin yang bersifat lintas adaptif terhadap stres dan antiinflamasi," kata Mike dikutip dari Express.

Perlu dipahami bahwa peradangan dalam tubuh bisa memicu banyak masalah kesehatan, mulai dari Alzheimer, depresi hingga diabetes tipe 2.

Baca Juga: Mandi Air Dingin Bisa Sembuhkan Diabetes? Ini Faktanya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: