Beauty, enggak cuma narkotika, alkohol adalah zat berbahaya yang mampu memberikan efek candu bagi para penggunanya, lho. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal sebagai alkoholisme. 

Dilansir dari Forbes, alkoholisme ialah kondisi di mana seseorang gemar mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Kamu bisa disebut sebagai seorang pecandu alkohol kalau setiap hari minum alkohol sebanyak 4-5 gelas per 2-3 jam sekali. Enggak cuma itu, kamu merasa ada yang kurang kalau belum minum minuman beralkohol tersebut.

Meskipun begitu, terlalu banyak minum alkohol bisa menimbulkan efek negatif, seperti perubahan perilaku, stres akut, sampai merusak organ tubuh.

Alkoholisme adalah masalah serius yang bisa merusak fisik maupun mental, dan bahkan bisa saja mengancam jiwa kamu kalau enggak segera ditangani.

Seseorang yang telah kecanduan alkohol memiliki sejumlah perilaku khas, lho. Kalau kamu gemar mengonsumsi minuman beralkohol dan menemui diri sendiri mengalami sejumlah gejala berikut, hampir bisa dipastikan kamu adalah seorang pecandu alkohol.

Berikut ini beberapa ciri kecanduan alkohol yang perlu diketahui:

1. Suka minum alkohol sendiri dan diam-diam

Ciri kecanduan alkohol pertama yang mudah dideteksi adalah kecenderungan si pengonsumsi alkohol untuk mengonsumsi minuman ini seorang diri dan dilakukan secara diam-diam.

Punya sejumlah masalah di dalam hidup seringkali menjadi alasan utama mengapa kemudian kamu menjadi pecandu alkohol. Kamu merasa alkohol adalah ‘solusi’ guna menghilangkan depresi dan tekanan yang tengah dialami.

2. Konsumsi alkohol lebih dari 3 kali sehari

Kamu bisa dikatakan sebagai seorang alkoholisme ketika dalam sehari bisa mengonsumsi alkohol lebih dari 3 kali dalam sehari. Minum alkohol kurang dari itu, kamu bakal merasa ada yang kurang, bahkan nggak jarang merasa ‘sakau’, yang ditandai dengan gejala kejang, mual, dan muntah-muntah.

3. Tubuh nggak berstamina

Seperti orang yang kecanduan narkoba, ciri kecanduan alkohol juga termasuk rasa lelah yang sangat hebat menghinggapi tubuh, terutama kalau belum mengonsumsi alkohol. Ketika sekiranya merasakan gejala ini, maka nggak salah menyebut kamu sebagai seorang pecandu alkohol.

Baca Juga: Wadaw! Ternyata Inilah 4 Fakta Mengejutkan Racun Ricin, Bahaya Banget!