Menu

Ahli Sebut Iduladha Berisiko Picu Lonjakan Kasus Covid-19, Kok Bisa?

24 Juni 2022 13:30 WIB
Ahli Sebut Iduladha Berisiko Picu Lonjakan Kasus Covid-19, Kok Bisa?

Ilustrasi pasien COVID-19. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Ahli Virologi, Prof. Dr.drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika menyebutkan bahwa perayaan Iduladha di tahun ini dapat memicu terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Tak hanya itu, perayaan tersebut dapat menjadi celah penyebaran varian Omicron BA.4 dan BA.5

Situasi tersebut dipicu oleh tingginya mobilitas atau pergerakan masyarakat saat merayakan Iduladha. 

"Memang Iduladha dapat menjadi pintu masuk, tapi semoga kita setelah Iduladha dapat memasuki situasi endemi," ujar Prof. Mahardika melansir media sindikasi Suara.com.

Ia menambahkan, sejauh ini perkembangan atau kenaikan kasus Covid-19 masih dalam tahap wajar atau terkendali. Apalagi ia masih melihat pola peningkatan kasus yang sama di tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi polanya memang seperti ini, di Indonesia tahun lalu Juni-Juli kasusnya meningkat. Kalau di luar negeri kasus meningkat pada Mei-Juni, jadi sejauh ini masih tahap yang wajar menurut saya," terangnya.

Menurutnya meningkatkan jumlah vaksinasi Covid-19 masih jadi solusi utama untuk menekan kasus parah atau bergejala berat, terlebih vaksinasi booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga sangat berguna untuk mempertahankan antibodi melawan virus SARS CoV 2.

"Karena sudah 2 tahun kita cukupkan saja dan saya optimis bahwa vaksin sudah menekan risiko kita masuk rumah sakit, dan rumah sakit juga telah bekerja dengan optimal dan berfungsi dengan baik, patut kita syukuri," jelas Prof. Mahardika.

Guru Besar Universitas Udayana ini juga meyakini pemerintah akan terus memantau perkembangan Covid-19 di masyarakat, terlebih jelang Iduladha. Bahkan tidak menutup kemungkinan pemerintah bisa menarik rem darurat bahkan di H-1.

"Tentu saja pemerintah akan mengevaluasi perkembangan sampai H-1, jika barangkali ada emergensi maka 'rem darurat' akan kita keluarkan,"  tutupnya.

Baca Juga: Apa Hubungan Hepatitis Akut Misterius dengan Covid-19? Ini Kata WHO...

Baca Juga: Ini Deretan Penyakit yang Muncul dan Mewabah Setelah Covid-19, Pertanda Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Noorma Amalia Siregar