Beauty, terjebak dalam hal kelam seperti kecanduan alkohol bukan berarti kamu enggak bisa berubah. Kamu yang sudah terlanjur kecanduan alkohol tetap punya pilihan untuk berhenti.

Herstory punya beberapa cara mengatasi kecanduan alkohol yang bisa diterapkan, penasaran apa saja? Yuk, simak!

1. Menghindari pergaulan bebas

Kalau sebelumnya pergaulanmu terlalu bebas, maka hindarilah hal itu lagi. Pergaulan memegang peran penting dalam memengaruhi seseorang untuk mengonsumsi alkohol, lho.

Saat kamu sudah terlanjur kecanduan alkohol akibat pergaulan bebas, maka kini saatnya untuk bertekad menjauh dari pergaulan enggak sehat tersebut. Terus berada di lingkungan tersebut cuma bikin kamu semakin kecanduan.

2. Menerapkan pola hidup sehat

Cara mengatasi kecanduan alkohol selanjutnya yaitu dengan mulai menerapkan pola hidup sehat.

Kamu harus rajjn melakukan aktivitas sehat seperti berolahraga, dan isitirahat yang cukup. Enggak cuma itu, atur pola dan pilihan makananmu. Makanlah makanan yang penuh vitamin dan nutrisi lainnya agar tubuh senantiasa bugar dan bebas stres.

3. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah langkah medis yang dapat ditempuh untuk melepaskan diri dari candu alkohol.

Kamu bisa mendatangi rumah sakit untuk memulai pengobatan ini. Umumnya, detoksifikasi memakan waktu sekitar 7 hari sampai pasien benar-benar bisa lepas dari zat alkohol.

4. Terapi obat-obatan

Selain detoksifikasi, dokter bisa memberikan kamu sejumlah obat-obatan khusus dengan tujuan menghilangkan zat alkohol dan candu alkohol pada dirimu. Obat untuk menghilangkan kecanduan alkohol terdiri dari:

  • Acamprosate
  • Disulfiram
  • Naltrexone

Baca Juga: Wadaw! Ternyata Inilah 4 Fakta Mengejutkan Racun Ricin, Bahaya Banget!

Nah, itulah cara supaya kamu bisa keluar dari kebiasaan mengonsumsi alkohol. Jangan takut untuk berubah, Beauty!