Menu

Begini Tips Belajar Sambil Bermain Game, Si Kecil Pasti Bakal Senang!

24 Juni 2022 16:40 WIB
Begini Tips Belajar Sambil Bermain Game, Si Kecil Pasti Bakal Senang!

Ilustrasi mengawasi anak bermain gadget. (Unsplash/Robo Wunderkind)

HerStory, Bekasi —

Hampir semua anak-anak senang bermain game. Bermain game adalah suatu hal yang menyenangkan dan menghibur untuk sebagain orang yang merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari. 

Tapi di sisi lain, ada dampak negatif yang cukup besar dari bermain game terutama untuk anak-anak sekolah seperti mereka lalai dalam mengerjakan tugas sekolah atau yang lebih buruk lagi mereka mulai malas sekolah.

Lalu apakah bermain game bisa digabungkan dengan pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak? Dengan kata lain, apakah anak-anak bisa memperoleh ilmu pelajaran dari game-game yang mereka mainkan?

Nah, berikut ini beberapa tips atau cara menggabungkan bermain game dengan pendidikan:

Pilihlah game yang mengharuskan anak-anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial

Banyak yang beranggapan bahwa bermain game merupakan salah satu bagian dari kehidupan sosial. Tapi bagaimana cara berinteraksinya kalau saat main game mata kita hanya fokus ke depan layar? Di zaman sekarang interaksi sosial tidak hanya ketika seseorang bertemu fisik, pernah dengar kata Mabar alias main bareng? Maksudnya adalah main game bareng, dengan mabar game online anak-anak juga bisa berinteraksi dengan temannya atau pun dengan orang lain. 

Ada banyak website atau aplikasi yang menyediakan game-game yang mengharuskan anak-anak berinteraksi sosial. Dengan begitu, anak-anak dapat berkomunikasi satu sama lain dengan teman-teman baru dan mulai saling berbagi pengalaman masing-masing. 

Buatlah waktu menjadi berharga dan bernilai

Hal yang wajib ditanamkan pada anak-anak termasuk juga orang tua adalah waktu itu cepat berlalu dan tidak akan bisa terulang. Jika anak sadar akan berharganya waktu akan lebih mudah mengontrol waktu bermain game anak. Bagi anak-anak yang belum paham dengan maksud berhargai waktu, Moms bisa mengatur alarm saat anak mulai bermain. 

Orangtua juga bisa membuatkan jadwal bermain game untuk anak-anak. Buatlah bermain game merupakan aktivitas yang ditunggu anak-anak. Rutinitas dan kebiasaan adalah 2 hal yang berbeda, dan biasanya rutinitas adalah hal yang positif. Karena itu, tambahkan aktivitas bermain game pada daftar rutinitas sehari-hari. 

Pilihlah game-game yang mengedukasi anak-anak

Seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, saat ini sudah banyak bermunculan game-game yang bisa dimainkan untuk menambah pengetahuan dan informasi anak-anak. Biasanya game-game dikembangkan sebagus dan senyaman mungkin sehingga mereka dapat menikmati jalannya permainan dengan baik. Selain itu, tampilan game juga akan dibuat semenarik mungkin dengan desain grafis yang mampu menarik minat anak-anak untuk belajar melalui sebuah game. 

Baca Juga: Jangan Dihiraukan Moms! Ini 6 Alasan Penting untuk Ajarkan Edukasi Seks bagi Anak, Salah Satunya Bisa...

Baca Juga: Jangan Pandang Sebelah Mata! Ini Lho Moms Pentingnya Edukasi Seks Bagi Anak Usia Dini, Nomer 4 Paling Utama!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Oleh: Cherryn Lagustya