Saat bangun tidur, tenggorokan tentu terasa kering. Hal itu terjadi lantaran hilangnya cairan selama waktu tidur. Nah, saat bangun dan kamu merasa haus, sebaiknya langsung segera meneguk segelas air putih karena mengonsumsi air putih saat perut kosong baik untuk kesehatan lho.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa meminum air di pagi hari menawarkan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah dapat membantu menghilangkan racun.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa minum air di pagi hari membantu tubuh membuang racun. Ginjal adalah pengatur utama keseimbangan cairan, dan ginjal membutuhkan air untuk menghilangkan limbah yang tak dibutuhkan tubuh dari aliran darah.

Minum air di pagi hari membantu tubuh mencerna dan menghilangkan makanan secara efisien. Ini juga membantu pergerakan usus untuk melawan sembelit, yang merupakan penyakit modern yang mengarah ke kondisi kesehatan kronis lainnya.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Namun, kapasitas ginjal untuk membersihkan tubuh dari zat tertentu ditentukan oleh seberapa banyak zat yang ada, bukan oleh asupan air atau jadwal minum. Jika suatu zat hadir dalam jumlah yang lebih besar daripada yang dapat ditangani oleh ginjal, zat tersebut menyebabkan produksi urin dalam jumlah besar. Ini disebut diuresis osmotik dan berbeda dengan diuresis air, yang terjadi jika minum terlalu banyak air.