Sebelumnya heboh mengenai kabar bahwa virus corona dapat bertahan hidup pada salmon beku. Sempat dibantah, namun kini kembali ramai dibicarakan bahwa virus Corona yang bertahan pada salmon dingin mungkin menular selama lebih dari seminggu! Waduh, kok bisa?

Ternyata hal tersebut ungkapkan oleh para peneliti di China. Para peneliti di Universitas Pertanian China Selatan dan Akademi Ilmu Pertanian Guangdong di Guangzhou menyelidiki salmon sebagai sumber infeksi corona yang potensial.

Para peneliti berhasil menemukan SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, yang dikumpulkan dari sampel salmon. Diketahui bahwa virus dapat bertahan selama delapan hari pada suhu 4 derajat Celcius pada ikan salmon.

Otoritas Tiongkok telah menyelidiki daging impor, kemasan dan wadah sebagai sumber potensial Covid-19 sejak Juni setelah berulang kali menemukan jejak patogen pada kemasan dan makanan. Dari lebih 500.000 sampel yang diuji positif mengidap virus corona.

"Ikan yang terkontaminasi SARS-CoV-2 dari satu negara dapat dengan mudah diangkut ke negara lain dalam waktu satu minggu, sehingga menjadi salah satu sumber penularan internasional," kata para peneliti dikutip dari Bloomberg (10/9/2020).

Baca Juga: Jangan Dipakai Lagi! Setelah Dicuci 30 Kali, Efektivitas Masker Kain untuk Cegah Virus Corona Menurun hingga 15 Persen

Guna mencegah kontaminasi, Cina memperketat kerja sama dengan negara pengekspor daging. Hingga Senin (7/9/2020), Cina telah menghentikan impor dari 56 perusahaan di 19 negara setelah karyawan di sana terinfeksi.