Menu

Ini Hal yang Harus Diperhatikan saat Memasuki Fase Lansia, Ahli: Jangan Lupa 4 Sehat 5 Bahagia

24 Juni 2022 22:00 WIB
Ini Hal yang Harus Diperhatikan saat Memasuki Fase Lansia, Ahli: Jangan Lupa 4 Sehat 5 Bahagia

Wanita lansia (Freepik)

HerStory, Bandung —

Nestlé Health Science (NHS) melalui Nestlé BOOST Optimum mengadakan konferensi pers bertajuk "Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia: Tetap Sehat, Aktif & Bahagia di Sepanjang Usia" yang diselenggarakan secara virtual pada Jumat (24/6/2022).

Acara ini pun diselenggrakan bertepatan dengan Hari Lansia Nasional. Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia ini bertujuan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan gizi harian, berolahrga secara rutin, istirahat yang cukup dan tidak lupa untuk memerhatikan kondisi mental dan sosial. Ini juga bertujuan untuk mencegah malnutrisi akibat rasa kesepian atau depresi yang dirasa seseorang.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia, Siti Setiati, hubungan gaya hidup yang bahagia merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh kesehatan lansia untuk mencegah malnutrisi.

"Terdapat beberapa penyebab malnutrisi pada lansia, salah satunya adalah hubungan gaya hidup bahagia. Kesepian membuat orang malas makan kan umumnya. Kesendirian juga membuat orang tua tidak ingin makan," ungkapnya.

Padahal, saat memasuki fase lansia, tubuh memerlukan berbagai kebutuhan gizi yang salah satunya adalah memenuhi protein harian.

Berikut adalah Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang direkomendasikan saat memasuki fase lansia, diantaranya:

1. Memenuhi asupan protein harian

2. Berolahraga agar tetap aktif

3. Memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas

4. Menjaga pola makan sehat

5. Mencari cara agar hidup tetap bahagia.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.