Angka kasus infeksi corona di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Muncul beberapa klaster-klaster baru, salah satunya klaster transportasi umum, seperti KRL Commuter Line.

Untuk menghindari diri terpapar virus corona saat bepergian dengan KRL, Dr. Sonny Harry B. Harmadi selaku Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penangan COVID-19, mengingatkan pentingnya patuhi protokol kesehatan.

"Perubahan perilaku menjadi ujung tombak penanganan COVID-19. Sedangkan penanganan kesehatan adalah benteng terakhir dalam penanganan COVID-19. Sehingga kita tidak akan berhenti, secara terus menerus dan masif mengingatkan masyarakat akan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan," kata Dr. Sonny saat konferensi pers di BNPB, Rabu (9/9/2020).

Beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan demi mencegah penularan virus corona saat naik transportasi umum adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Masker

Menurut Dr. Sonny, salah satu protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh pengguna transportasi umum adalah penggunaan masker. Hal itu sangat efektif untuk mencegah diri tertular atau menulari virus corona.

"Pertama, jangan lupa menggunakan masker karena penggunaan masker pasti akan menurunkan risiko tertular atau menulari covid-19," imbuh Dr. Sonny.

2. Menggunakan Hand Sanitizer

Selain masker, penting juga membawa hand sanitizer. Hal itu dilakukan karena sulitnya akses cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama perjalanan di trasportasi umum.

"Hal yang kedua jangan lupa karena mungkin akses terhadap cuci tangan tidak selalu bisa ditemukan maka harus membawa hand sanitizer," kata Dr. Sonny.

Baca Juga: Ahli Sebut Jaga Jarak Paling Sulit Dilakukan di Masa Pandemi, Mengapa Begitu?