Beauty, tahukah kamu bahwa di bagian tubuh kita ada yang bernama amigdala. Amigdala ini merupakan bagian dari otak yang memiliki peran penting dalam emosi, terutama emosi rasa takut. 

Amigdala berfungsi mengevaluasi informasi sensorik yang diterima, dan kemudian dengan cepat menentukan kepentingan emosionalnya, dan membuat keputusan untuk mendekati atau menjauhi suatu objek atau situasi.

Dilansir dari Pop Sugar, Amigdala bekerja dengan cepat banget, lho. Apalagi dalam mengevaluasi suatu bahaya atau ancaman, dan menentukan hal yang dianggap terbaik. 

Nah, hasil informasi yang diolah dalam amigdala kemudian di ambil alih atau diteruskan oleh hasil analisis yang lebih akurat yang dihasilkan oleh cortex cerebri. Inilah yang bisa menjelaskan mengapa kamu bisa terkejut banget saat ada tangan yang menepuk pinggangmu.

Misalnya, ketika kamu sedang berjalan was-was disebuah jalan yang gelap. Rasa takut itu menghilang setelah cortex mengenali bahwa tangan yang menepuk punggung kamu tersebut adalah tangan salah satu teman yang berniat usil.

Kerusakan pada amigdala atau area-area kritis pada neokorteks bisa menyebabkan abnormalitas pada kemampuan memproses rasa takut. 

Contohnya seekor tikus yang mengalami kerusakan pada amigdala lupa untuk merasa takut saat ia seharusnya menjadi takut, dan sepertinya tikus enggak mampu memiliki rasa takut, walaupun dikondisikan.

Orang-orang yang mengalami kerusakan pada amigdala mengalami kesulitan untuk mengenali rasa takut pada orang lain. Seorang wanita yang mengalami kerusakan amigdala dapat mengekspresikan dengan akurat rasa takut dan emosi-emosi lainnya.

Baca Juga: Hati-Hati! Putus Cinta Berbahaya Ketika Kamu Mengalami Ini!

Kendati demikian, ia nggak dapat mengenali ekspresi rasa takut yang ditunjukkan oleh orang lain. Jadi, itulah tentang amigdala yang harus kamu ketahui, apalagi untuk menjaga kesehatan otakmu, Beauty.