Menu

5 Penyebab Kaki Sering Kesemutan, Hati-hati Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis

27 Juni 2022 12:25 WIB
5 Penyebab Kaki Sering Kesemutan, Hati-hati Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis

Ilustrasi kedutan di kaki (Exaude.com/Edited By HerStory).

HerStory, Bandung —

Kaki kesemutan merupakan tanda bahwa tubuh sedang terena suatu penyakit. Namun, bisa juga hal ini disebabkan oleh faktor lain. Misalnya, berlutut atau duduk bersila terlalu lama. 

Kesemutan pun bisa terjadi karena adanya tekanan pada saraf tertentu yang bisa memicu sensai kebas atau mati rasa. Namun, kesemutan juga bisa hilang ketika kamu mengubah posisi kaki atau menggerakannya.

Sebenarnya, kaki kesemutan bukanlah hal yang harus dikhawatirkan, tetapi ini bisa menjadi perhatian jika terjadi secara terus menerus. Berikut adalah beberapa penyakit yang ditandai dengan kaki kesemutan terus menerus, dilansir dari berbagai sumber, Senin (27/6/2022).

1. Kecanduan minuman alkohol

Pecandu alkohol rentan mengalami kaki kesemutan, sebab konsumsi alkohol secara berlebih bisa memicu kerusakan saraf perifer atau disebut juga neuropati alkoholik.

Selain itu, pecandu minuman beralkohol juga rentan mengalami kekurangan vitamin E, asam folat, dan vitamin B terutama B1 (tiamin). Kekurangan tiamin dapat memicu kerusakan dinding sel saraf sehingga berisiko terkena neuropati perifer atau gangguan saraf tepi.

2. Berbagai penyakit sistemik

Kesemutan di kaki yang sering terjadi juga bisa menjadi tanda berkepanjangan atau tak kunjung hilang bisa menjadi tanda adaya penyakit sistemik, yaitu penyakit yang menyebabkan gangguan di seluruh sistem organ tubuh.

Baca Juga: Bangun Tidur Sering Kesemutan? Gawat, 7 Penyakit Ini Mengintaimu!

Baca Juga: Jangan Sepelekan Kaki yang Sering Kesemutan, 5 Penyakit Kronis Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: