Menu

Benarkah Bisa Hilangkan Komedo dengan Pasta Gigi? Begini Faktanya!

10 September 2020 22:10 WIB
Benarkah Bisa Hilangkan Komedo dengan Pasta Gigi? Begini Faktanya!

Ilustrasi wanita yang sudah mengenakan skincare. (pinterest/skincaredotcom)

HerStory, Bogor —

Beauty, mungkin kamu pernah dengar soal pasta gigi yang katanya bisa mengusir komedo. Banyak orang percaya pasta gigi ampuh mengatasi masalah komedobahkan jerwat karena didalamnya terkandung baking soda, yaitu bahan alami yang mampu mengangkat komedo membandel. Begini penjelasannya!

Melansir dari Alodokter, Kamis (10/9/2020). Baking soda pada pasta gigi diklaim mampu mengeringkan komedo, membunuh bakteri, dan mengecilkan pori-pori yang tersumbat, yang menjadi penyebab munculnya komedo. Bukan hanya komedo membandel saja yang bisa teratasi, bahkan jerawat di wajah pun diklaim dapat kempes dan kering hanya dengan diolesi pasta gigi.

Meskipun demikian, para ahli tidak merekomendasikan penggunaan pasta gigi untuk mengusir komedo maupun jerawat. Alasannya adalah karena ada beberapa kandungan dalam pasta gigi yang bisa membuat kulit iritasi.

Kandungan pasta gigi yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit antara lain hidrogen peroksida, alkohol, mentol, dan triklosan. Jadi, pertimbangkan kembali penggunaan pasta gigi untuk mengatasi komedo dan jerawat, apalagi jika kamu memiliki kulit yang kering atau sensitif.

Daripada membersihkan komedo dengan pasta gigi yang berisiko mengiritasi kulit, lebih baik kamu menerapkan alternatif yang lebih aman seperti menggunakan sikat pembersih wajah, eksfoliasi, masker pembersih wajah dan ekstraktor komedo.

Baca Juga: Menghilangkan Komedo Ternyata Gampang, Ikuti Cara Ini!!

Baca Juga: Say to Goodbye...4 Kebiasaan Ini Enggak Bakal Bikin Komedo Balik Lagi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.