Moms, penting untuk mengajari anak melakukan perkerjaan rumah tangga. Tentunya pekerjaan yang mudah dan aman untuk dilakukan si kecil, ya! Tujuannya untuk melatih kedisiplinan, kepedulian dan kebersihan sejak dini. Tapi Moms, bukankah anak-anak cenderung sulit diatur dan tak mau mendengarkan? Bukannya membantu pekerjaan rumah, si kecil pasti hanya akan mengganggu Moms dan merengek minta diajak main.

Nah, Moms bisa mengajarinya dengan cara yang menyenangkan, dimulai dari merapikan hal-hal kecil. Daripada hanya mengomel. Ajak si kecil untuk melakukan perkerjaan rumah bersama-sama. Si kecil akan mengira bahwa ia sedang diajak main. Moms dan si kecil juga jadi lebih dekat dengan menghabiskan waktu bersama. Melansir dari Muslimah daily, Jumat (11/9/2020) moms bisa mengajari si kecil pekerjaan rumah sederhana berikut ini.

1.Merapikan mainan

Tugas-tugas pekerjaan rumah yang sudah memusingkan, bisa saja ditambah lagi dengan harus merapihkan mainan-mainan si kecil. Agar beban Moms dapat berkurang, ajarkanlah Ia untuk merapihkan mainan seusai dimainkan. Berikanlah anak tempat khusus untuk menaruh mainan-mainannya dan ajarkan Ia untuk mengembalikan mainan-mainan ke tempat tersebut.

2.Membawa piring ke tempat cuci piring

Ajarkan si kecil kedisiplinan dan kebersihan dengan membiasakannya untuk membawa piring kotor ke tempat cuci piring. Selain melatih kedisiplinan dan kebersihan, pekerjaan bunda pun menjadi berkurang.

3.Menyiram tanaman

Anak-anak umumnya suka bermain air. Ajarkanlah si kecil untuk menyiram tanaman, siapa tahu, anak akan merasa senang ketika menyiram tanaman dan juga akan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

4.Merapihkan tempat tidur

Baca Juga: Dear Working Moms, Ini 3 Cara Sederhana Dekat dengan Si Kecil Bagi Kamu yang Super Sibuk!

Selain mengurangi beban Moms, mengajari anak untuk merapihkan tempat tidur juga dapat melatih rasa tanggung jawab pada anak lho!