Melonjaknya pasien covid19 di Indonesia tiap harinya terutama di Jakarta membuat Gubernur Jakarta Anies Baswedan menetapkan kembali PSBB di Jakarta. Kabari ini ia umumkan dalam jumpa pers pada Rabu (9/9/2020).

Melansir dari beberapa sumber, PSBB menyebabkan beberapa tempat wisata, hiburan dan ibadah harus terkena imbasnya. Oleh karena itu, ini dia hal yang harus kamu perhatikan disaat PSBB!

1.Tempat hiburan ditutup

Saat PSBB, tempat hiburan seperti Monas, Ragunan, Ancol dan sebagainya akan ditutup guna mengurangi interaksi sosial masyarakat. Jika kamu berencana untuk bepergian setelah PSBB, coba pikir-pikir lagi, deh! Enggak akan ada tempat hiburan yang buka. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan aktivitas di rumah saja,ya supaya lebih aman!

2. Restoran dan kafe tetap buka, tapi tidak menerima makan di tempat

Saat PSBB, usaha-usaha seperti makanan, rumah makan, restoran, dan kafe masih diperbolehkan untuk beroperasi. Meskipun masih dapat beroperasi, kafe atau restoran dilarang untuk menyediakan layanan makan di tempat. Jika ingin membeli makanan harus dibawa pulang.

3. Transportasi umum dibatasi

Saat PSBB ganjil-genap akan ditiadakan dan transportasi umum akan dibatasi secara ketat baik dari jam operasionalnya hingga jumlah penumpang.  Meskipun ganjil-genap ditiadakan, akan lebih baik jika kamu enggak menjadikan ini sebagai kesempatan untuk keluar menggunakan kendaraan pribadi, ya! Tetap ikuti aturan yang ada supaya nggak tertular virus corona.

4.Rumah ibadah raya ditutup

Masjid Agung Jakarta dan masjid raya lainnya yang biasanya menerima dari luar daerah ini akan ditutup saat PSBB. Rumah ibadah yang diizinkan hanya yang berada dekat komplek dan harus menerapkan protokol yang ketat. Jika kamu ingin pergi ke rumah ibadah, persiapkan apa saja yang diperlukan seperti masker, hand sanitizer dan jangan berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga: PSBB di Jakarta Diperketat, Atiqah Hasiholan Bantu Promosi Gratis Pelaku Usaha, Keren Banget!

Beauty, melonjaknya kasus covid19 di Indonesia ini tentu membuat kita lebih waspada untuk keluar rumah. Oleh karena itu, adanya penetapan PSBB ini diharapkan untuk tetap di rumah dan ikuti aturan yang ada supaya kita dan keluarga aman, ya!