Menu

5 Cara Mengobati Cacar Air pada Anak dengan Cepat, Wajib Tahu Moms

28 Juni 2022 14:00 WIB
5 Cara Mengobati Cacar Air pada Anak dengan Cepat, Wajib Tahu Moms

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Jika anak mulai mengalami ruam yang gatal dan mudah tersinggung, maka kemungkinan besar ia menderita cacar air. Cacar air adalah kondisi umum yang sebagian besar mempengaruhi anak-anak, tetapi penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa. Tapi jangan khawatir Moms, coba 5 obat ini untuk atasi cacar air pada anak, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/6/2022).

1. Salep

Umumnya, orang cacar air diobati menggunakan salep. Moms bisa gunakan krim Eurax untuk mengobati cacar air pada orang usia 3 tahun ke atas. Jika kulitnya kering, gunakan emolien yang memiliki bahan dasar oat.

2. Obat antihistamin

Moms bisa gunakan obat antihistamin non-penenang. Tapi, obat ini hanya bisa diberikan pada malam hari ya.

3. Mandi oat

Anak dengan cacar air bisa mengalami iritasi, karena gatal. Tapi, mandi oatmeal akan membantu menenangkan kulit mereka dan mengalihkan perhatian mereka dari gatal-gatal.

4. Potong kuku

Pastikan kuku anak tetap pendek. Moms harus pastikan anak menggunakan sarung tangan untuk mencegah mereka menggaruk tubuhnya ketika tidur.

5. Jangan beri ibuprofen

Meskipun Moms bisa memberikan parasetamol untuk mengatasi demam, nyeri atau ketidaknyamanan, tetapi tidak boleh memberi ibuprofen pada anak yang cacar air.

Baca Juga: Perbedaan Cacar Monyet Vs Cacar Air, Mulai dari Gejala hingga Penyembuhan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.