Aktivitas kencan akan sulit dilakukan ketika hubungan pernikahan sudah memiliki anak. Padahal banyak lho manfaat dari kencan. ternyata ada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan datenight atau kencan setiap bulannya itu sangat penting untuk memiliki jalinan pernikahan yang sehat.

Profesor Steve McKay dari University of Lincoln, telah menggunakan data yang diambil dari salah satu survei rumah tangga terbesar di Inggris. Sekitar 10.000 ibu di Inggris yang menikah atau tinggal bersama suami terlibat dalam studi ini. Agar hasilnya konsisten, para peneliti memilih ibu yang memiliki anak berusia 9 bulan. Mereka diberikan pertanyaan mengenai alasan bertahan dengan pasangan. Dengan hasil yang mirip, hasil terbesar adalah memiliki hubungan yang kuat.\

Baca Juga: Menarik! Kebosanan dalam Rumah Tangga Justru Pertanda Hubungan Awet Lho

Untuk lebih memvalidasi penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa pasangan yang pergi kencan secara rutin setiap bulan cenderung memiliki hubungan yang lebih langgeng daripada pasangan yang jarang pergi keluar.

Fakta lain, saat pasangan sering pergi kencan memiliki risiko 14% lebih rendah untuk berpisah dibandingkan dengan pasangan yang keluar mingguan atau enggak pernah sama sekali.

Namun, penelitian ini hanya berlaku untuk pasangan yang sudah menikah. Mengapa demikian? Pasangan yang sudah menikah tentunya percaya bahwa hubungan pernikahan penting untuk memperkuat perasaan satu sama lain. Sedangkan untuk yang belum menikah merasa enggak memiliki komitmen yang sama dengan mereka yang menikah secara resmi.