Menu

Marak Pelecehan Seksual! Begini Cara Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

28 Juni 2022 12:10 WIB
Marak Pelecehan Seksual! Begini Cara Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Stop kekerasan seksual pada anak (Focus for Health)

HerStory, Jakarta —

Belakang ini marak terjadi pelecehan seksual. Gak bisa terelakan bahwa perempuan masih menduduki peringkat teratas sebagai korban pelecehan seksual. Selain perempuan, korban pelecehan seksual yang terbanyak juga menimpa anak-anak.

Namun sayangnya, masih banyak orangtua yang belum tahu, bagaimana cara mencegah kekerasan atau pelecehan seksual pada anak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara agar anak terhindar dari pelecehan seksual.

Berikan pengertian sentuhan yang baik dan buruk

Ajar anak tentang sentuhan baik dan buruk. Sentuhan yang buruk itu jika ada orang yang menyentuh bagian terlarang. Di mana bagian terlarang tersebu merupakan area tubuh yang tertutup pakaian dalam.

Ajari anak untuk speak up

Orangtua perlu mengajari anak untuk berani mengungkapkan atau melaporkan kejadian yang telah menimpanya. Biasakan anak juga untuk selalu terbuka menceritakan kejadian-kejadian yang mereka alami. 

Temani anak saat bermain di luar

Jangan biarkan anak bermain di luar rumah tanpa adanya pengawasan dari orangtua, karena bisa saja saat anak keluar dari rumah mereka bertemu dengan orang jahat.

Baca Juga: Marak Begal Payudara, Najwa Shihab Geram Hingga Akui Pernah Jadi Korban Pelecehan: Kurang Ajar!

Baca Juga: Mulai Damai dengan Trauma, Susan Sameh Curhat Dilecehkan Kru di Lokasi Syuting! Ajak Korban Lain untuk Bersuara: Tindak Lanjuti!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.