Kuku merupakan bagian dari tubuh yang enggak terlalu diperhatikan oleh kita sendiri. Siapa yang menyangka ternyata kuku bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh, lho!

Jika kamu perhatikan kuku kamu mulai dari warna, bentuk dan tekstur kuku, memberikan arti yang berbeda-beda bagi kondisi kesehatan kamu.

Melansir dari beberapa sumber, ini dia bentuk-bentuk kuku yang menunjukkan kondisi kesehatan. Yuk disimak!

1. Kuku pucat

Biasanya orang yang memiliki warna kuku pucat menunjukkan bahwa orang tersebut mengidap anemia, kurang gizi, penyakit gagal jantung, dan gangguan hati.

2.Kuku kuning

Orang yang memiliki kuku kuning ini biasanya menandakan penuaan dan kebiasaan buruk seperti merokok . Kuku kuning juga terjadi karena terlalu sering menggunakan cat kuku serta adanya gejala diabetes dan masalah pernapasan. Jika kuku tebal dan lebih rapuh, bisa jadi terkena infeksi jamur. 

3. Garis kuku berwarna gelap

Pernah enggak kamu melihat garis kuku kamu berwarna gelap? Ternyata ini sangat berbahaya, lho! Kuku yang menunjukkan garis berwarna gelap ini menandakan melanoma atau jenis kanker kulit yang paling mematikan. Disarankan untuk segera konsultasikan ke dokter.

4. Garis putih horizontal

Kuku yang memiliki garis putih horizontal ini menandakan kondisi diabetes yanng tidak terkontrol, masalah sirkulasi darah, atau bis ajadi karena reaksi terhadapan obat-obatan tertentu.

5. Garis vertikal

Garis-garis vertikal adalah tanda alami dari proses penuaan pada diri. Biasanya garis-garis ini akan semakin terlihat jika usia kamu bertambah. Pada kasus tertentu, garis vertikal di kuku ini bisa saja terjadi karena defisiensi B12 dan magnesium.

Nah, Beauty, itu dia beberapa jenis kuku yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan. Apa kuku kamu termasuk seperti yang di atas?

Baca Juga: Waduh! Ternyata Inilah 5 Penyakit Akibat Mengonsumsi Alkohol, Yakin Masih Bandel?

Jika kuku kamu tidak masuk dalam beberapa jenis di atas dan memiliki permukaan yang halus dan bersih, maka kuku kamu termasuk sebagai kuku yang sehat.