Moms, selama masa pandemi covid-19, penggunaan gadget untuk melakukan kegiatan belajar dalam bentuk daring meningkat pada anak-anak usia sekolah, lho.

Dilansir dari Healtline kesehatan mata anak Moms bisa terganggu karena hampir sebagian besar pembelajaran dilakukan dengan menatap layar gadget dalam waktu yang cukup lama. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Dr Ashwini Kulneur, seorang Dokter Mata dan Profesor di Departemen Oftalmologi, Saptagiri Institute of Medical Sciences di India memberikan tips yang bisa dilakukan agar mata anak tetap sehat meskipun belajar secara daring.

Penasaran apa saja? Simak ya, Moms!

1. Mendapatkan tidur malam yang cukup 

Enggak mendapatkan tidur yang cukup dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan sakit. Anak-anak harus mendapatkan minimal delapan jam tidur yang berkualitas. 

Dr Kulenur menuturkan, “Studi merekomendasikan agar anak-anak tidak tidur dengan gadget di tempat tidurnya, ini termasuk televisi, komputer, dan smartphone.” Ia juga menyarankan untuk tidak menggunakan gadget apapun setidaknya satu jam sebelum tidur. 

2. Melakukan aktivitas fisik 

Menaruh dan menjauh dari gadget untuk sementara waktu dapat menghindari masalah yang berhubungan dengan mata karena terlalu banyak menatap gadget. 

“Anak-anak yang berusia 6 tahun atau lebih disarankan untuk mendapatkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap harinya,” kata Dr Kulenur. Bermain di luar rumah bisa menjadi olahraga yang baik untuk penglihatan mata anak karenaanak dapat mendapatkan sinar matahari secara alami. 

3. Melakukan istirahat secara berkala 

Pastikan anak-anak Moms mendapatkan waktu istirahat yang cukup dari kelas virtual mereka. Dr Kulenur menjelaskan, “American Optometric Association merekomendasikan aturan 20-20-20. Artinya adalah setiap menatap layar gadget selama 20 menit, tatap benda atau sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik,” jelasnya. 

4. Jangan lupa untuk berkedip 

Ajarkan anak-anak untuk lebih sering berkedip ya, Moms, terutama ketika mereka sedang beristirahat untuk mencegah mata kering. Dr Kulenur merekomendasikan untuk melembapkan mata dengan obat tetes mata atau menggunakan humidifier jika anak Moms sering mengeluh mengalami mata kering. 

5. Diet sehat 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan C sangat baik untuk kesehatan mata. Buah dan sayuran kaya akan antioksidan seperti pepaya, wortel, borkoli, bayam, dan telur bisa dikonsumsi oleh anak-anak Moms. 

Baca Juga: Terang Benderang! Harga Emas Antam Melonjak Rp7.000, Moms Siap Investasi?

Jadi, itulah 5 cara mudah yang bisa banget Moms coba selagi anak masih belajar secara daring dari sekolahnya.