Menu

Istri Tessy Srimulat Idap Tumor Hati Sebelum Meninggal, Ini 5 Jenis Tumor Hati yang Wajib Diketahui

29 Juni 2022 11:40 WIB
Istri Tessy Srimulat Idap Tumor Hati Sebelum Meninggal, Ini 5 Jenis Tumor Hati yang Wajib Diketahui

Ilustrasi penyakit perlemakan hati atau fatty liver (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Istri Tessy Srimulat, Sri Handayani, diketahui menderita diabetes dan tumor hati ketika dirawat sebelum meninggal dunia pada Selasa (28/6/2022) ini.

Tumor hati merupakan pertumbuhan sel yang berlebihan pada organ hati. Tumor hati juga dikelompokkan menjadi dua, yakni tumor jinak dan tumor ganas.

Kondisi ini bisa saja membutuhkan penanganan medis serius dan mungkin saja tidak. Penanganan medis serius, seperti operasi pengangkatan tumor, kemoterapi dan terapi radiasi. Berikut adalah jenis tumor hati yang paling umum terjadi, diantaranya:

1. Hepatocellular adenoma

Hepatocellular adenoma tergolong dalam tumor hati jinak yang jarang terjadi. Sekitar 90 persen pengidap tumor hati ini adalah wanita subur usia 15-45 tahun dan paling berisiko terjadi pada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral.

2. Hepatoma

Hepatoma merupakan jenis tumor hati ganas yang biasanya terjadi akibat komplikasi pada penderita hepatitis B dan sirosis. Pada beberapa pasien, kondisi ini ditemukan tanpa sengaja dalam pemeriksaan kesehatan rutin.

3. Hemangioma

Hemangioma adalah tumor jinak pembuluh darah yang tumbuh di permukaan hati. Pada orang dewasa, kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Bahkan, kondisi ini tidak berisiko berkembang menjadi tumor ganas atau kanker.

Baca Juga: Cegah Diabetes dengan 6 Langkah Sehat Anjuran Kemenkes, Nomor 4 Wajib Banget Nih

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu Nih! Makanan Ini Cocok Sebagai Pengganti Nasi, Sehat dan Enak Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.