Roti telah menjadi salah satu menu makanan saat sarapan. Banyak orang terus mengkonsumsi roti karena kemudahan, portabilitas, nutrisi, dan rasanya yang enak.

Ada banyak jenis roti berbeda, dibuat orang dengan cara yang berbeda, menggunakan berbagai bahan. Contohnya termasuk roti gandum, roti manis, roti jagung, roti beragi dan tak beragi, dan banyak lagi. Beberapa jenis roti lebih bergizi daripada yang lain, ada juga yang menjanjikan manfaat penurunan berat badan. Apakah itu benar?

Karbohidrat adalah nutrisi utama dalam roti. Karbohidrat menyediakan bahan bakar bagi tubuh. Roti juga menyediakan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Lantas akankah roti membantu proses penurunan berat badan?

Baca Juga: Unik Banget, Begini Cara Bikin Roti Pakai Rice Cooker!

Mengonsumsi roti gandum dalam jumlah sedang seharusnya tak menyebabkan penambahan berat badan, tetapi akan memberikan energi yang diperlukan untuk tubuh. Namun, seseorang yang ingin mengatur berat badan atau menurunkan berat badan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Roti mengandung kalori. Untuk itu perlu diingat bahwa mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk energi akan menyebabkan penambahan berat badan.
  • Roti biasanya dihidangkan dengan beberapa makanan tambahan, seperti daging olahan dan mentega serta mayonaise. Hal ini tentu dapat menambah banyak kalori yang tidak perlukan tubuh dengan cara meningkatkan asupan lemak dan karbohidrat.
  • Roti gandum utuh bisa menjadi pilihan yang menyehatkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, tetapi itu tergantung pada bagaimana cara konsumsi roti, apakah utuh atau dicampur dengan makanan lain.