Penayangan Film Mulan memang menuai banyak kontroversi. Mendapatkan pemboikotan dari aktivis-aktivis Hong Kong dikarenakan isu yang pernah dialami oleh aktris utama, Liu Yifei.

Namun, nyatanya film Mulan ini mendapatkan pujian setelah diputar di bioskop Tiongkok. Bahkan film Mulan ini mendapatkan pujian dari kementerian luar negeri Tiongkok, lho!.

Padahal di awal tayangnya film ini banyak orang yang memberikan penolakan dikarenakan sang aktris yang pernah memberikan dukungan pada kepolisian Hong Kong yang saat itu melakukan kekerasan dalam menghadapi aksi protes demokrasi.

Tidak hanya karena sang aktris utama, film ini juga menuai kontroversi karena lokasi syuting dilakukan di Xinjiang yang merupakan daerah yang terjadinya pelanggaran hak pada populasi umat muslim di daerah tersebut. Pihak Disney juga memberikan ucapan terima kasih akan kepada pemerintah Tiongkokdan wilayah Xinjiang.Juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian mengatakan bahwa sangat normal untuk berterima kasih kepada pemerintah Xinjiang atas bantuan  mereka.

Selain itu juga, Zhao Lijian memberikan pujian pada Liu Yifei akan aksinya sebagai karakter Mulan. Ia juga menyebut Liu Yifei sebagai “Anak China sejati”

Mulan tayang di Tiongkok pada Jumat(11/9/2020) dan tiket yang sudah terjual sebanyak 41 juta yuan atau 5,99 juta dolar Amerika pada Jumat sore.

Film Mulan mendapatkan perhatian setelah rilis melalui media streaming. Namun, mendapatkan rating yang buruk yaitu 4.7 dari 10 di situs ulasan pengguna populer Douban

Hal itu dikarenakan banyak orang yang mengatakan alur cerita film Mulan berbeda dengan cerita aslinya.

Baca Juga: Waduh! Ternyata Inilah Alasan Banyak Warga yang Memboikot Penayangan Film Mulan!

Gimana, Beauty? Udah ada yang nonton?