Menu

Omicron Belum Reda Muncul Hepatitis Akut, Ketua Satgas Covid IDAI Ibaratkan RI ‘Supermarket Penyakit Infeksi’, Cegah dengan Cara Ini Moms

30 Juni 2022 16:30 WIB
Omicron Belum Reda Muncul Hepatitis Akut, Ketua Satgas Covid IDAI Ibaratkan RI ‘Supermarket Penyakit Infeksi’, Cegah dengan Cara Ini Moms

Ilustrasi anak yang terinfeksi virus Corona. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, pandemi Covid-19 belumlah usai. Selain kita diharuskan concern terhadap penularan Covid-19 kepada anak-anak, hal lain juga atau penyakit lain yang belakangan ini menjadi perhatian adalah mengenai hepatitis akut yang diduga menjadi yang penyebabnya adalah varian baru Sars Cov-2. Lantas, bagaimana sebetulnya perkembangan terbaru dari penyakit ini di Indonesia?

Terkait hal itu, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Yogi Prawira, SpA (K)., mengatakan bahwa hingga kini informasi terkait penyebab hepatitis akut misterius pada anak-anak masih serba tidak pasti.

Namun, ia pun mengibaratkan Indonesia sebagai 'supermarket penyakit infeksi' sehingga masyarakat, dalam hal ini para orang tua, harusnya sudah akrab dengan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya pencegahan penularan.

“Jadi, hepatitis akut ini bisa dikatakan unknown origin, artinya sampai sekarang masih ada ketidaksepakatan tentang apa etiologi atau penyebabnya. Untuk mencegahnya, saya kira selama dua tahun pandemi ini berlangsung, seharusnya masyarakat sudah cukup belajar bahwa protokol kesehatan adalah upaya pencegahan infeksi paling mudah dan efektif untuk mencegah infeksi penyakit,” kata dr. Yogi, dalam sesi talkshow virtual bertajuk 'Liburan Sehat, Anak Aman Covid-19' oleh BNPB Indonesia, Rabu (29/6/2022).

“Dan Indonesia ini kalau bisa dikatakan adalah ‘Supermarketnya penyakit infeksi’, kita punya apa namanya berbagai macam infeksi yang sebagian bisa dicegah dengan prokes. Jadi apa yang sudah dicapai selama ini tolong jangan dikendorkan, tapi justru harus dilanjutkan dan semakin dikuatkan,” sambung dr. Yogi.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Pakar Sarankan Hal Penting Ini Jika Hendak Ajak Anak Liburan Moms, Jangan Disepelein Ya!

Baca Juga: Waspada Moms! Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Bisa Lebih dari 5 Ribu, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Minta Masyarakat Lakukan Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.