Beauty, sering kali ada keluhan bahwa pembuluh darah yang bersih adalah dasar bagi kesehatan. Alasannya sederhananya ialah fungsi organ dan sistem tubuh tergantung pada kualitas sirkulasi darah.

Dilansir dari Healtline, sirkulasi darah sendiri bertugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke berbagai organ dalam, serta mengangkut karbondioksida dan berbagai produk hasil metabolisme untuk dibuang. Ketika kamu masih kecil dan remaja, kamu lebih sering bergerak, pembuluh darah pun masih relatif baru, elastis, dan bersih, nutrisi ke berbagai organ tubuh diangkut dengan optimal.

Namun, seiring bertambahnya usia, perlu disadari bahwa kamu jadi lebih jarang bergerak, dan pembuluh darahmu mulai menjadi kotor. Hal ini disebabkan banyak faktor, lho. Nggak cuma faktor yang jelas-jelas merugikanmu, seperti merokok, makan makanan nggak sehat, lingkungan yang buruk, gaya hidup kurang gerak, Beauty. Tetapi ada juga faktor alami, seperti pengendapan lemak, proses yang terjadi di semua organisme.

Nah, sebenarnya apa, sih, yang dimaksud dengan "pembuluh darah kotor"? Sederhananya, kamu bisa membayangkan pipa yang penuh dengan karat. Hal yang bakal terjadi ialah tekanan air meningkat dan rasanya jadi aneh dan nggak enak. Hal yang sama terjadi pada pembuluh darah. Beauty.

Saat kolesterol atau zat lain mengendap di pembuluh darah, tekanan darah meningkat, (kamu perlu tahu pembuluh darah yang kotor adalah penyebab utama hipertensi, lho), darah mengandung kotoran, sirkulasi darah menjadi kacau. Makanya, perubahan terjadi di semua organ dan sistem tubuh manusia. Bahkan pada kulit yang juga termasuk sistem tubuh manusia.

Kamu harus menyadari bahwa tubuh manusia bertambah tua. Kalau kamu hidup sehat dan rajin membersihkan pembuluh darah, kamu berkesempatan untuk hidup seenggaknya 20 tahun tanpa rasa sakit pada organ tubuh atau nyeri sendi, dan tubuh akan bekerja dengan sebaik-baiknya.

Makanya, membersihkan pembuluh darah dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kondisi kesehatanmu. Semua ini enggak cuma teori belaka, lho. Beberapa dokter bahkan merekomendasikan metode ini kepada pasiennya.

Lalu, apa saja, ya, penyakit yang muncul akibat kotoran dari pembuluh darah? Berikut daftar yang harus kamu ketahui!

Baca Juga: Wow! Inilah Cara Bermeditasi, Ternyata Gampang Banget!