Menu

Anak Jadi Pembangkang, Ini 5 Faktor yang Bisa Jadi Pendorong Timbulnya Pemberontakan, Moms Wajib Tahu!

01 Juli 2022 09:25 WIB
Anak Jadi Pembangkang, Ini 5 Faktor yang Bisa Jadi Pendorong Timbulnya Pemberontakan, Moms Wajib Tahu!

Illustrasi Anak Manja (workingmother.com)

HerStory, Jakarta —

Bagaimanapun juga, anak adalah karunia yang dimiliki para orangtua. Maka dari itu, sebagai orangtua yang baik harus menjaga dan mengajarkan hal-hal baik pula padanga agar mereka mudah menghadapi hidup.

Anak memang sudah seharusnya diberikan cinta dari orangtuanya. Hal itu rupanya bisa membentuk karakter anak ketika ia dewasa kelak lho.

Perawatan anak yang baik akan menjadikan anak lebih aktif dan kreatif, namun perawatan anak yang salah akan menjadikan anak lebih sering melawan atau memberontak. Nah, pemberontakan ini diakibatkan oleh beragam faktor seperti hal-hal berikut.

1. Orangtua yang terlalu mengekang anaknya 

Setiap orangtua, pasti mengharapkan yang terbaik untuk anaknya. Karena itu, mereka mencoba menetapkan aturan-aturan yang tak jarang bersifat pengekangan. Misalnya aturan orangtua yang memerintahkan anaknya untuk tak boleh bermain dengan alasan menjaga anaknya. Hal ini akan membuat anak memberontak, apalagi yang masih berusia belia.

Waktu bermain adalah hal penting yang harus dirasakan setiap anak. Melalui permainan, anak dapat mengembangkan kemampuan komunikatifnya. Orangtua yang melakukan pengekangan dalam hal ini, harus meminimalisir strategi itu. Boleh membatasi, tapi berilah ruang kecil untuk setiap anak untuk merasakan apa yang patut dirasakan di usianya.

2. Lingkungan sosial yang tak baik

Berlawanan dengan alasan pertama, pemberontakan pada anak dapat terjadi ketika anak dihadapkan pada lingkungan sosial yang tak baik. Setiap anak memiliki karakternya masing-masing seperti karakter yang terlalu aktif sehingga terkesan mannerless. Karakter ini dapat menyebar ke anak lain dengan cepat.

Pembatasan disini berfungsi penting. Tapi, sesuai alasan pertama, harus ada antisipasi lain agar anak bisa tetap merasakan hak mereka. Jika lingkungan sosialnya tak memungkinkan, ajaklah anakmu bermain denganmu.

Baca Juga: Ini 4 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan saat Bangun Tidur, Bisa Bawa Bahaya Lho!

Baca Juga: Sering Dilakukan Anak Muda, 3 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Stroke Saat Tua, Waduh!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza