Menu

Waduh, Pasien yang Terinfeksi Ulang Covid-19 Bisa Alami Komplikasi Berbahaya, Waspada Ya!

01 Juli 2022 14:00 WIB
Waduh, Pasien yang Terinfeksi Ulang Covid-19 Bisa Alami Komplikasi Berbahaya, Waspada Ya!

ilustrasi covid-19 (Pexels/Edward Jenner)

HerStory, Jakarta —

Kasus Covid-19 kembali melonjak tinggi. Seseorang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 ternyata masih bisa terkena infeksi ulang virus corona.

Dalam beberapa kasus, beberapa orang yang terserang Covid-19 dapat terinfeksi hingga tiga kali. Sebuah studi baru juga mengatakan bahwa beberapa serangan virus corona dapat memiliki dampak jangka panjang yang signifikan pada kesehatan.

Melansir dari Times of India, Fakultas Kedokteran Universitas Saint Louis telah melakukan penelitian dengan menyelidiki berbagai dampak infeksi Covid-19 pada sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian menemukan bahwa 0,76 persen orang telah terinfeksi tiga kali, dan 0,08 persen dari orang tersebut memiliki empat atau lebih infeksi.

"Terkait distribusi waktu rata-rata antara infeksi kedua pertama adalah 79 hari. Sedangkan median dari distribusi waktu antara infeksi kedua ketiga adalah 65 hari," tulis keterangan penelitian tersebut.

Para peneliti juga telah menemukan bahwa ada risiko rawat inap yang lebih tinggi, komplikasi kesehatan yang bertahan lama setelah infeksi ulang oleh virus, terlepas dari status vaksinasi orang tersebut.

Baca Juga: Benarkah Penyintas Covid-19 Varian Omicron Bisa Kembali Terpapar Covid Varian Baru? Cek Faktanya

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, PB IDI Imbau Masyarakat Pakai Masker Lagi! Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan, Catat Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.