Menu

Ada yang Timbulkan Masalah Ereksi! Kenali Efek Samping dari 5 Obat Hipertensi Berikut

01 Juli 2022 15:00 WIB
Ada yang Timbulkan Masalah Ereksi! Kenali Efek Samping dari 5 Obat Hipertensi Berikut

Ilustrasi obat-obatan. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Medan —

Hipertensi merupakan kondisi di mana darah terlalu menekan dinding arteri dalam jangka panjang atau disebut sebagai tekanan darah tinggi. Kondisi ini tak boleh diabaikan sebab dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah, seperti penyakit jantung.

Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung, maka arteri juga semakin sempit. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Penderita hipertensi tentunya harus siaga dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, ada beberapa obat yang harus dikonsumsi untuk menjadi tekanan darah tetap stabil.

Tentunya kamu gak boleh menggunakan obat hipertensi secara sembarangan. Kenali obat dan efek sampingnya terlebih dahulu.

Berikut Herstory rangkum beberapa obat hipertensi dan efek sampingnya pada tubuh. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Obat diuretik

Obat diuretik digunakan untuk mengurangi kadar air dan garam yang terlalu tinggi dalam tubuh. Obat hipertensi ini memiliki beberapa efek samping seperti sehing buang air kecil hingga dalam beberapa kasus pasien pria mengalami masalah ereksi.

2. Angiotensin Converting Enzyme (ACE) inhibitors

Obat yang satu ini berperan dalam menghalangi pembentukan hormon penyempit pembuluh darah. Biasanya pasien akan merasakan efek samping berupa batuk kering yang cukup sulit untuk hilang. Dalam beberapa kasus ada yang mengalami ruam hingga hilang indra perasa.

Baca Juga: Setop! Ini 3 Makanan yang Gak Boleh Dikonsumsi Ketika Minum Kopi, Bisa Bahaya! Nomer 1 Bikin Kaget!

Baca Juga: Sederet Makanan yang Bisa Ringankan Efek Samping Pengobatan Kanker Payudara

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.