Beauty, meskipun pandemi COVID-19 belum selesai, kamu pasti sudah semangat merencanakan perjalanan, kan? Dilansir dari Google Consumer Surveys pada April dan Mei 2020, beberapa konsumen di Asia Pasifik menunjukkan minat untuk melakukan perjalanan domestik di masa depan, lho.

Lebih dari 25% responden di Indonesia, India, Filipina, dan Vietnam menyatakan berencana melakukan perjalanan domestik dalam tiga bulan kedepan, berbanding dengan responden dari negara lain seperti Australia dan Jepang dimana hanya 14% responden yang berencana melakukannya. Khusus di Indonesia, 44% responden memilih untuk melakukan perjalanan ke luar negeri pada lebih dari satu tahun dari sekarang. Kendati demikian, 17% responden ingin melakukan perjalanannya dalam tiga bulan ke depan.

Nah, karena bakal berlibur saat masih pandemi, maka penting banget memperhatikan hal-hal ini supaya kamu bisa menyesuaikan diri dengan keadaan untuk berlibur. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

1. Prioritaskan kebersihan dan keamanan

Keselamatan menjadi perhatian utama konsumen di seluruh dunia saat ini, Beauty. Ini merupakan faktor penting untuk memenuhi rasa aman adalah jaminan standar kebersihan yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri ada 24% responden yang bakal berlibur dalam tiga bulan kedepan menyebut “peningkatan standar kebersihan” dan 21% responden menyatakan “ketersediaan masker gratis atau sanitizer wipes” sebagai pendorong utama untuk melakukan pemesanan hotel.

2. Adanya potongan harga dan fleksibilitas

Konsumen dari negara kita, Indonesia yang mulai mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan kembali, motivasi utama untuk memesan penerbangan adalah potongan harga. Hal ini terlihat dari 28% responden di Indonesia mengatakan potongan harga penerbangan mendorongnya untuk melakukan perjalanan. Namun, di samping menginginkan diskon, konsumen Indonesia juga tetap mengutamakan peningkatan standar kebersihan pada fasilitas yang digunakan.

3. Pertimbangan preferensi jangka pendek konsumen

Penelitian menunjukkan kalau mau memesan perjalanan dalam tiga bulan ke depan, 34% responden di Indonesia memilih melakukan perjalanan ke kawasan Asia Pasifik. Enggak cuma itu, perjalanan domestik jarak dekat juga lebih menarik bagi 23% responden lainnya. Penelitian tersebut mengungkap bahwa pandemi telah membuat konsumen Indonesia lebih mempertimbangkan kebersihan dalam merencanakan perjalanan.

Baca Juga: Dinyatakan Positif Covid-19, Begini Kondisi Terbaru Flora JKT48

Krisis COVID-19 memang sudah membawa pelajaran bagi khalayak ramai supaya menjalankan hidup bersih dan sehat. Jadi, apa persiapan liburanmu, Beauty?