Moms, sering enggak membaca dongeng untuk si kecil sebelum ia tidur? Cerita dongeng menjadi buku favorit untuk anak. Banyak ahli Parenting yang juga mengatakan bahwa membaca dongeng untuk anak menjadi salah satu yang direkomendasikan.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa membacakan dongeng untuk anak memberikan berbagai macam manfaat. Apa aja ya? Yuk disimak!

1.Membantu anak untuk berimajinasi

Imajinasi penting bagi pertumbuhan pola pikir si kecil. Salah satunya adalah membacakan dongeng untuk anak. Dengan mendengarkan cerita dongeng, anak akan mulai berimajinasi sesuai dengan apa yang diceritakan pada dongeng tersebut. Imajinasi yang dimiliki oleh si kecil ini akan membantunya untuk lebih terampil untuk berkomunikasi dengan orang lain dan dapat menemukan solusi dari masalah yang ia temui.

Kosa kata yang ia dengar saat Moms membacakan cerita dongeng untuknya akan diingat oleh si kecil. Hal inilah yang akan membantunya untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

2.Mendapatkan nilai-nilai kehidupan dan etika

Biasanya dongeng memiliki pesan dalam cerita tersebut  yang sangat bermakna. Dengan karakter yang dibuat sedemikian rupa memiliki nilai kejujuran, rendah hati, sikap tolong menolong dan masih banyak lagi bisa membuat si kecil mengetahui nilai-nilai kehidupan dan etika mana yang baik dan mana yang benar. Penting juga untuk Moms memilih cerita dongeng, ya! 

Baca Juga: Sering Keliru, 5 Pola Asuh Ini Justru Hancurkan Kepercayaan dan Harga Diri Anak, Moms Perlu Tahu Nih!