Menu

1000 Hari Pertama Periode Emas Cegah Stunting pada Anak, Berlaku Sejak Masa Kehamilan, Moms!

04 Juli 2022 20:40 WIB
1000 Hari Pertama Periode Emas Cegah Stunting pada Anak, Berlaku Sejak Masa Kehamilan, Moms!

Ilustrasi perut ibu hamil. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Angka stunting di Indonesia masih mengkhawatirkan mengingat menjadi negara kedua dengan kasus stunting pada balita tertinggi usai Timor Leste. Dalam Webinar ‘Cara Tepat Memilih Kontrasepsi: Atur Jarak Kehamilan dan Cegah Stunting’ yang diselenggarakan oleh Tentang Anak berkolaborasi dengan BKKBN (7/4/2022) menunjukkan bahwa 3 dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak pada usia di bawah lima tahun (balita) sehingga muncul perawakan anak kerdil atau pendek. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan energi dalam waktu lama yang kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. 

Jangan salah, Moms, masa 1000 pertama kehidupan merupakan periode emas tumbuh dan kembang anak yang dimulai sejak terbentuknya janin hingga usia anak mencapai dua tahun.

“Kalau kita ingin menyiapkan anak menjadi baik, dengan maksimak pertumbuhannya dan juga otaknya maka harus dimulai semenjadak anak dalam kandungan,” terang Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH.

Proses ini dimulai sejak 270 hari di masa kehamilan kemudian 730 harus setelah sang anak lahir (atau sekitar 2 tahun).

Tak hanya memengaruhi fisik dan otak, stunting juga menyebabkan sang anak rentan terhadap penyakit sehingga mudah sakit. Dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH bahwa setiap anak sakit, maka pertumbuhan kognitifnya juga ikut terhambat.

Baca Juga: Demi Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Bayer Adakan Program Cegah Stunting (CETING) Kepoin Yuk Moms Programnya!

Baca Juga: Dukung Penurunan Angka Stunting, PT Nestlé Indonesia Tekankan Inisiatif Berkelanjutan Demi Peringati Hari Gizi Nasional, Simak Yuk Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.