Mendengar kata alami seringkali kita berpikir itu adalah sesuatu yang sangat baik bagi tubuh. Misalnya saja untuk masker wajah. Banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan agar kulit wajah menjadi lebih lembab, mengecilkan pori-pori, dan bahkan mencegah jerawat. Menggunakan bahan alami sebagai perawatan wajah juga memang dapat mengurangi resiko iritasi pada kulit.

Nyatanya, ada beberapa bahan alami yang enggak boleh digunakan langsung pada kulit wajah, lho! Bukannya memberikan perawatan yang baik untuk kulit malah membuat memperburuk kondisi kulit wajah kamu.

Melansir dari beberapa sumber, ini dia bahan alami yang harus kamu hindari digunakan langsung pada kulit wajah!

1.Telur mentah

Seringkali kita mendengar bahwa telur mentah terutama putih telurnya sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Banyak yang mengatakan putih telur ini dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Namun, telur mentah bisa mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Enggak kebayang kan ternyata ada bakteri yang menempel di kulit wajah kamu? Oleh karena itu, lebih dianjurkan untuk menggunakan masker yang memiliki ekstrak putih telur saja karena tidak terbuat dari bahan putih telur alami.

2. Baking soda

Baking soda biasanya dicampur dengan madu dan digunakan untuk perawatan wajah scrub. Nyatanya, campuran baking soda dengan madu ini enggak disarankan, ya!

Baking soda memiliki kandungan yang bersifat alkali sehingga dapat mengubah pH kulit dan merusak lapisan atasnya yang mengundang bakteri. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit seperti muncul kemerahan dan kulit terbakar.

3. Kayu Manis

Kayu manis juga biasanya digunakan untuk perawatan wajah dengan menggunakan madu. Akan tetapi, kayu manis juga memiliki kandungan yang sama dengan baking soda yaitu dapat mengubah pH kulit. Oleh karena itu, menggunakan campuran madu dengan kayu manis sebagai perawatan wajah akan membuat kulitmu menjadi iritasi.

4. Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis juga menjadi bahan alami yang paling sering digunakan untuk kulit wajah. Namun, tahukah kamu? Ternyata asam dari lemon dan jeruk nipis ini juga akan mengubah pH kulit kamu sehingga membuat kulit wajah menjadi iritasi seperti kulit menjadi meradang dan meninggalkan bekas luka.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa biasanya digunakan untuk perawatan wajah karena mengandung antioksidan. Namun, ternyata minyak kelapa dapat membuat kulit sulit menyerap sehingga membuat pori-pori tersumbat. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki tekstur yang tebal sehingga dapat menimbulkan jerawat pada wajah.

Baca Juga: Hindari Penggunaan Masker Scuba dan Buff, Satgas COVID-19: Tak Efektif Tangkal Corona

Nah, itu dia bahan alami yang enggak boleh langsung dioleskan pada kulit wajah, ya. Semoga bermanfaat!