Menu

Jangan Sepelekan Demensia, Ini 5 Tanda ‘Halus’ yang Tampak Terlalu Umum tapi Jarang Disadari!

05 Juli 2022 09:55 WIB
Jangan Sepelekan Demensia, Ini 5 Tanda ‘Halus’ yang Tampak Terlalu Umum tapi Jarang Disadari!

Ilustrasi wanita memegang kepala.(Freepik/Cookie_Studio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seperti setiap kondisi kesehatan mental lainnya, demensia juga tak jarang disepelekan dan disalahpahami. Ya, tak banyak yang menyadari sindrom dan tanda-tanda yang terlihat pada individu yang terkena sindrom ini.

Nah, meski bukan penyakit spesifik, ada sekelompok kondisi yang ditandai dengan gangguan setidaknya dua fungsi otak, seperti kehilangan memori dan penilaian.

Melansir laman Times of India, studi menunjukkan bahwa sebelum timbulnya demensia, ada beberapa tanda peringatan halus. Meskipun, tak ada obat untuk kondisi kesehatan mental ini dan juga tidak dapat dicegah, memulai perawatan sejak dini dapat membantu mengelolanya dengan cara yang lebih baik.

Nah, agar kamu lebih waspada terhadap penyakit ini, berikut adalah 5 tanda peringatan dini demensia yang umumnya jarang disadari.

1. Ketidakmampuan untuk mendeteksi ucapan

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti Oxford, ketidakmampuan untuk mendeteksi ucapan di lingkungan yang bising juga dapat menandakan peningkatan risiko demensia. Ketidakmampuan untuk mendeteksi ucapan secara umum dapat dianggap sebagai tanda gangguan pendengaran, tetapi para peneliti Oxford juga mengaitkannya dengan demensia.

Menurut para peneliti, mereka yang kesulitan mendengar di lingkungan yang bising dua kali lebih mungkin terkena demensia dibandingkan mereka yang tidak mengalami kesulitan mendengar.

2. Hilang ingatan

Kehilangan memori adalah salah satu gejala awal demensia. Seseorang di ambang mengembangkan kondisi ini sering merasa sulit untuk mengingat informasi. Mereka mengandalkan keluarga dan teman untuk melacak detail tersebut. Orang yang kadang-kadang melupakan suatu kejadian dan kemudian mengingatnya tak dicirikan sebagai demensia. Ini hanya masalah yang berkaitan dengan usia.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Paling Mungkin Menderita Gangguan Kecemasan saat Menjalin Hubungan, Kamu Bukan?

Baca Juga: Catat, Moms! Dukung Kesehatan Mental Anak dengan Terapkan 5 Hal Ini, Lakukan Demi Si Buah Hati

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.