Beauty, mungkin kamu pernah dengar pepatah ini. Sebutir apel sehari dapat menjauhkanmu dari dokter. Hal ini bukan tanpa alasan, apel dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat karena kandungan nutrisinya yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Selain itu kalau kamu sedang melakukan program diet, apel adalah buah yang tepat untuk kamu konsumsi. Namun, kamu tak bisa sembarangan makan apel. Kamu akan lebih merasakan manfaatnya jika makan apel di waktu yang tepat. Melansir dari Times of India, Selasa (14/9/2020) berikut beberapa fakta apel dan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya.,

Taukah kamu? apel tak boleh dikonsumsi saat perut kosong karena bisa membuat perut kembung dan sembelit. Praktik pengobatan kuno di India merekomendasikan untuk makan apel satu jam setelah sarapan atau satu jam setelah makan siang. Makan apel di pagi hari akan memudahkan perutmu saat mencerna serat dan menyerap nutrisinya.

Jika kamu memakannya setelah jam 6 sore, apel mungkin tak tercerna di perut untuk waktu yang lama. Karena tingkat asam menurun dan proses pencernaan melambat pada malam hari. Hal ini bisa menyebabkan masalah pencernaan dan tidurmu juga jadi tak nyenyak.

Alasan lain kenapa apel paling baik dikonsumsi di pagi hari adalah karena apel mengandung pektin. Pektin dapat membantu mencegah pembentukan asam laktat dan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus besar. Hal ini bisa membuat sistem pencernaanmu lebih sehat dan mengeluarkan raucn dalam tubuh serta mengurangi risiko masalah pencernaan

Baca Juga: Cegah Stroke hingga Diabetes, Ini Sederet Manfaat Buah Apel untuk Tubuh

Ada berbagai cara untuk makan apel. Kamu bisa memotong-motong apel dan menambahkannya di atas oat. Kamu juga bisa membuat pai apel atau meminumnya dalam bentuk jus. Tapi cara yang benar untuk menyerap semua nutrisi dari apel adalah dengan mengonsumsinya langsung. Jangan pernah mengupas kulit apel karena mengandung beberapa nutrisi penting. Selain itu, hindari jus apel kemasan karena mengandung gula dan tak mengandung serat baik untuk lambung.