Menu

Kontrasepsi Ini Disebut Bikin Ukuran Payudara Jadi Lebih Besar, Moms Harus Tahu!

05 Juli 2022 19:45 WIB
Kontrasepsi Ini Disebut Bikin Ukuran Payudara Jadi Lebih Besar, Moms Harus Tahu!

Alat Kontrasepsi. (Unsplash/Reproductive Health Supplies Coalition)

HerStory, Bekasi —

Alat kontrasepsi umumnya digunakan untuk pencegahan kehamilan yang nggak diinginkan. Ada berbagai jenis alat kontarasepsi yang tersedia.

Namun, memilih kontrasepsi bisa jadi rumit, dengan begitu banyak potensi efek samping yang harus dipertimbangkan untuk masing-masing.

Meskipun banyak efek yang gak menyenangkan seperti perasaan murung atau pendarahan, banyak juga yang gak sadar ada efek membuat payudara lebih besar.

Dua dari efek samping yang paling sering dilaporkan di semua kontrasepsi adalah payudara yang lembut dan payudara yang membesar, menurut The Lowdown - sebuah platform ulasan online untuk kontrasepsi.

Kamu lebih mungkin melihat payudara membengkak pada kontrasepsi hormonal, kata para ahli, yang utama adalah pil kombinasi. Kontrasepsi hormonal bekerja dengan melepaskan hormon yang mengubah kimia tubuh untuk mencegah kehamilan.

Hormon-hormon ini bertindak dengan cara yang sama seperti yang alami tubuh, yang mungkin ditanggapi oleh jaringan payudara. Dr Becky Mawson, Clinical Lead di The Lowdown, mengatakan perubahan pada jaringan payudara gak permanen.

“Semua metode hormonal dapat menyebabkan payudara berubah dan menjadi lebih berat, lebih penuh, lebih kental atau lebih tidak nyaman. Ini biasanya terjadi ketika kamu pertama kali mulai menggunakan kontrasepsi hormonal dan biasanya menetap setelah beberapa bulan,"

"Ini lebih mungkin terjadi jika Anda adalah seseorang yang mengalami nyeri payudara atau ketidaknyamanan selama siklus hormon bulanan kamu yang biasa karena payudara kamu mungkin lebih sensitif terhadap perubahan hormon perempuan," kata dia.

Dr Mawson mengatakan jaringan payudara "sangat sensitif terhadap hormon wanita yang ditemukan dalam kontrasepsi hormonal".

“Menambahkan hormon ekstra ke dalam tubuh kamu, bahkan dalam jumlah yang sangat kecil dengan kontrasepsi, dapat menyebabkan perubahan pada jaringan payudara,” katanya.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Wanita Harus Tetap Menggunakan Alat Kontrasepsi Meski Alami Masalah Kesuburuan!

Baca Juga: Alat Kontrasepsi pada Wanita bisa Membuat Badan Menjadi Gemuk? Masa Sih?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.